Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbasis Quick On The Draw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Geometri kelas IV SD Negeri 20 Gunung Tuleh

Lailan, Lailan (2025) Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbasis Quick On The Draw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Geometri kelas IV SD Negeri 20 Gunung Tuleh. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2120500124.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif siswa kelas IV SD Negeri 20 Gunung Tuleh pada materi geometri bangun datar. Data awal menunjukkan rata-rata nilai ulangan harian siswa adalah 59,69 dengan hanya 31% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75. Permasalahan ini diidentifikasi disebabkan oleh metode pembelajaran yang didominasi oleh guru (teacher-centered), kurangnya partisipasi siswa, kesulitan siswa dalam memahami materi, serta kurangnya respon dan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi geometri melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbasis aktivitas quick on the draw. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 13 siswa kelas IV SD Negeri 20 Gunung Tuleh. Instrumen pengumpulan data meliputi observasi aktivitas guru dan siswa menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar siswa dalam bentuk essay dengan rubrik penilaian, dan dokumentasi foto kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari pra-siklus ke siklus II. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 59,69 pada pra-siklus menjadi 64,92 pada siklus I, dan mencapai 87,69 pada siklus II. Persentase ketuntasan siswa juga meningkat dari 31% pada pra-siklus menjadi 54% pada siklus I, dan mencapai 85% pada siklus II. Observasi aktivitas siswa juga menunjukkan peningkatan partisipasi dan keterlibatan dalam pembelajaran. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis quick on the draw efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi geometri kelas IV SD Negeri 20 Gunung Tuleh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Mariam Nasution, M.Pd. dan Lili Nur Indah Sari, M.Pd.
Keywords: Model pembelajaran; Kooperatif Tipe Stad Berbasis Quick On The Draw; Meningkatkan hasil belajar siswa; Materi Geometri kelas IV SD Negeri 20 Gunung Tuleh
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs. Mutia Handayani, S.IP
Date Deposited: 21 Nov 2025 02:47
Last Modified: 21 Nov 2025 02:47
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12725

Actions (login required)

View Item View Item