Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh metode quantum learning terhadap kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan lingkaran di Kelas VIII MTs Nur Jannah Ujung Gading Labuhanbatu Selatan

Hasibuan, Khoidah (2025) Pengaruh metode quantum learning terhadap kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan lingkaran di Kelas VIII MTs Nur Jannah Ujung Gading Labuhanbatu Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2120200029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak siswa yang menganggap bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang kompleks, membingungkan dan rumit untuk dipahami sehingga siswa merasa sulit untuk mengembangkan kemampuan kognitifnya dalam menyelesaikan soal yang diberikan. Hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah proses pembelajaran yang dilakukan guru dari keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan metode quantum learning terhadap kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTs Nur Jannah Ujung Gading Labuhanbatu Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode quantum learning terhadap kemampuan kognitif siswa pada pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTs Nur Jannah Ujung Gading Labuhanbatu Selatan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Kelas eksperimen berjumlah 26 siswa dan kelas kontrol berjumlah 25 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes yang sudah divalidasi. Data dianalisis dengan uji t setelah terpenuhi normalitas dan homogenitas hasil penelitian tersebut. Berdasarkan analisis data, soal postest yang diberikan kepada siswa untuk mengukur kemampuan kognitif siswa diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 77,84 dan kelas kontrol 65,65. Hasil pengujian hipotesis diperoleh t_{hitung\ }>t_{tabel\ }yaitu 5,967 > 2,012 dengan taraf signifikan 5% maka H_0 ditolak dan H_a diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari metode quantum learning terhadap kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTs Nur Jannah Ujung Gading Labuhanbatu Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr.Suparni,S.Si,M.Pd dan Dr.Almira Amir,S.T.,M. Si
Keywords: Metode quantum learning; Kemampuan kognitif; Siswa; Pokok bahasan lingkaran;Kelas VIII; MTs Nur Jannah Ujung Gading Labuhanbatu Selatan
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010102 Algebraic and Differential Geometry
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 10 Nov 2025 04:44
Last Modified: 10 Nov 2025 08:58
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12718

Actions (login required)

View Item View Item