Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan pendekatan pragmatik untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa Kelas V SDN Aek Bongbongan Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas

Samosir, Nur Masari (2025) Penerapan pendekatan pragmatik untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa Kelas V SDN Aek Bongbongan Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500239.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi efektivitas pendekatan pragmatik dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V di SDN Aek Bongbongan, Kecamatan Huristak, Kabupaten Padang Lawas. Latar belakang masalah menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa masih rendah, yang berdampak negatif pada kemampuan komunikasi mereka. Oleh karena itu, pendekatan yang lebih interaktif dan kontekstual diperlukan untuk membantu siswa berlatih berbicara secara efektif dan lebih baik. Perumusan masalah dalam penelitian ini mencakup: 1) Bagaimana penerapan pendekatan pragmatik dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V di SDN Aek Bongbongan? dan 2) Apa saja hambatan yang dihadapi dalam penerapan pendekatan pragmatik dalam pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelas V di SDN Aek Bongbongan? Dengan fokus pada peningkatan keterampilan berbicara, penelitian ini bertujuan mengetahui perubahan yang terjadi pada siswa setelah penerapan pendekatan pragmatik serta kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran. Metodologi yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dengan setiap siklus mencakup dua pertemuan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan penilaian keterampilan berbicara siswa, dan analisis data dilakukan untuk mengetahui perkembangan keterampilan berbicara siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan berbicara siswa, di mana rata-rata nilai pada siklus I adalah 71,00 dan meningkat menjadi 77,23 pada siklus II. Persentase siswa yang mencapai ketuntasan juga mengalami peningkatan dari 47,62% menjadi 85,71%. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa hambatan, seperti kurangnya pemahaman siswa tentang konsep pragmatik, ketidakpercayaan diri saat berbicara di depan umum, serta keterbatasan waktu dalam pelaksanaan pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan dukungan lebih dari guru dan orang tua untuk mengatasi hambatan ini. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan pragmatik efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa, mendorong interaksi yang lebih aktif, dan meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam berkomunikasi. Penelitian ini menyarankan perlunya dukungan lebih lanjut dari guru dan orang tua dalam proses pembelajaran di rumah secara berkelanjutan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr.Hamdan Hasibuan,M.Pd dan Dr.Erna Ikawati,M. Pd.
Keywords: Penerapan pendekatan pragmatik untuk meningkatkan Keterampilan berbicara; Siswa; Kelas V; SDN Aek Bongbongan Kecamatan Huristak; Kabupaten Padang Lawas
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 10 Nov 2025 04:44
Last Modified: 10 Nov 2025 08:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12717

Actions (login required)

View Item View Item