Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penjualan, biaya produksi dan biaya pemasaran terhadap laba bersih pada PT Matahari Department Store Tbk

Siregar, Minda Manora (2025) Pengaruh penjualan, biaya produksi dan biaya pemasaran terhadap laba bersih pada PT Matahari Department Store Tbk. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2140600041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

PT Matahari Department Store Tbk adalah salah satu bisnis ritel terbesar di indonesia, yang berdiri sejak tahun 1958, dengan target utamanya yaitu menciptakan laba sebanyak-banyaknya. Akan tetapi laba pada PT Matahari Department Store Tbk mengalami fluktuasi dari 2016-2023 sehingga tidak mampu menstabilkan laba perusahaan. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi laba PT Matahari Department Store Tbk adalah penjualan, biaya produksi dan juga biaya pemasaran. Dengan itu rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh antara penjualan, biaya produksi dan biaya pemasaran terhadap laba bersih pada PT Matahari Department Store Tbk. Pada penelitian ini berkaitan denagn ilmu bidang akuntansi biaya, dan teori-teori yang digunaan berkenaan dengan ppenjualan, biaya produksi, biaya pemasaran dan laba bersih. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Zeni Imrotin Silvia dalam penelitian yang berjudul Pengaruh Penjualan, Biaya Produksi dan Biaya Pemasaran Terhadap Laba Perusahaan(Pada PT.Bina Megah Indowood Gresik Tahun 2015- 2018) yang menyatakan bahwa penjualan, biaya produksi dan biaya pemasaran secara simultan memiliki pengaruh terhadap laba bersih. Artinya peningkatan penjualan, biaya produksi dan biaya pemasaran dapat meningkatkan laba bersih. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah populasi penelitian, atau dengan menggunakan sampel jenuh. Sumber data dari laporan keuangan PT Matahari Department Store Tbk yang terdapat di website Bursa Efek Indonesia yaitu www.idx.co.id. Kemudian diolah dengan menggunakan SPSS dengan menggunakan uji analisis statistik deskriftif, uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji multikkolinearitas, uji autokolerasi, uji t, uji f, dan uji r2 atau koefisisen determinasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penjualan, biaya produksi dan biaya pemasaran secara simultan memiliki pengaruh terhadap laba bersih pada PT Matahari Department Store Tbk. Terdapat pengaruh antara penjualan dan laba bersih, tidak terdapat pengaruh antara biaya produksi dan laba bersih, tidak terdapat pengaruh antara biaya pemasaran dan laba bersih. Kemudian pada uji R2 berpengaruh sebesar 81,3% dan 18,7% lagi dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Windari, SE,. MA dan Desy Khairani, M.Pd
Keywords: Biaya Pemasaran; Biaya Produksi; Laba Bersih; Penjualan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150108 Cost Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 07 Nov 2025 03:05
Last Modified: 07 Nov 2025 03:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12713

Actions (login required)

View Item View Item