Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis penerapan etika bisnis islam pada pedagang dodol di Desa Parsalakan Kecamatan Angkola Barat

Simanjuntak, Annnisa (2025) Analisis penerapan etika bisnis islam pada pedagang dodol di Desa Parsalakan Kecamatan Angkola Barat. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2140400032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pada masa sekarang sebagian besar pedagang tidak memahami etika bisnis Islam karena para pedagang tersebut masih berpatokan terhadap teori bahwa kegiatan bisnis hanya semata-mata untuk mencari laba sebesar-besarnya tanpa mempertimbangkan etika terhadap kegiatan yang dilakukan. Manusia dalam kaitannya dengan menjalankan suatu etika bisnis perlu diterapkan dengan beberapa prinsip etika bisnis Islam seperti kesatuan, keadilan, tanggungjawab, kehendak bebas dan kebenaran. Dalam penelitian ini peneliti mewawancarai 5 pedagang dodol. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan etika bisnis Islam pada pedagang dodol di desa Parsalakan dan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mendorong dan menghambat penerapan etika bisnis Islam pada pedagang dodol di desa Parsalakan. Jenis penilitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu 5 pedagang dodol. Sumber data sekunder dalam penelitian ini yaitu buku, jurnal, artikel, dan dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Penerapan etika bisnis Islam pada pedagang dodol di desa Parsalakan ada yang sudah menerapkan etika bisnis Islam dan ada yang belum menerapkan etika bisnis Islam, para pedagagang dodol di desa Parsalakan terkadang menaikkan harga kepada pembeli dari luar desa Parsalakan. Faktor pendorong penerapan etika bisnis Islam pada pedagang dodol di desa Parsalakan yaitu sikap kekeluargaan, kesadaran para pelaku bisnis, peran pemerintah yang bersifat netral. Adapun factor penghambat penerapan etika bisnis Islam pada pedagang dodol di desa Parsalakan yaitu kenaikan dan kelangkaan bahan baku, standar moral, agama, pendidikan pedagang masih cukup rendah, terjadinya konflik kepentingan, situasi politik dan ekonomi yang belum stabil, lemahnya penegakan hukum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Rosnani Siregar, M.Ag dan Annida Karima Sovia, M.M
Keywords: Etika bisnis islam; Pedagang; Dodol; desa Parsalakan
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2201 Applied Ethics > 220102 Business Ethics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 07 Nov 2025 03:05
Last Modified: 07 Nov 2025 03:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12711

Actions (login required)

View Item View Item