Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model assure menggunakan media papan pintar untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa pada materi sistem tata surya di kelas VI SDN 112141 Rantau Utara

Tanti, Putri Nurfika Dian (2025) Penerapan model assure menggunakan media papan pintar untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa pada materi sistem tata surya di kelas VI SDN 112141 Rantau Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2120500014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini karena rendahnya hasil belajar IPA siswa yang tidak memenuhi standar nilai KKTP pada mata pelajaran IPA dikelas VI SDN 112141 Rantau Utara. Hal ini dikarenakan guru sering sekali menggunakan model pembelajaran, guru sangat jarang menggunakan media dalam kegiatan pembelajaran dikelas, siswa kurang aktif dalam pembelajaran, dan siswa mudah merasakan bosan dalam melakukan kegiatan pembelajaran dikelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif IPA siswa pada penerapan model pembelajaran ASSURE menggunakan media papan pin-tar pada materi sistem tata surya di kelas VI SDN 112141 Rantau Utara. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observa-si dan refleksi. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus dan setiap siklusnya ter-dapat 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VI SDN 112141 Rantau Utara yang berjumlah 18 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu observasi, soal tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran ASSURE dan penggunaan media papan pintar pada mata pelajaran IPA dengan materi sistem tata surya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Persentase ketuntasan hasil belajar kognitif siswa pada pra siklus adalah 22,2%. Dari hasil belajar pra siklus, guru melakukan tindakan di kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I pertemuan I, hasil belajar kognitif siswa meningkat menjadi 27,7%, dan pada siklus I pertemuan II hasil belajar kognitif siswa meningkat menjadi 38,8%. Kemudian pada siklus II pertemuan I hasil belajar kognitif siswa meningkat men-jadi 55,5%, dan pada siklus II pertemuan II meningkat menjadi 83,3%. Hasil penelitian ini sudah mencapai indikator keberhasilan tindakan dalam penelitian ini yaitu 80%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Zulhammi, M.Ag., M.Pd dan Yenni Khairani Lubis, M.Sc
Keywords: Hasil belajar IPA, Media papan pintar, Model ASSURE, Metode pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Rita Fitri Tinambunan
Date Deposited: 10 Nov 2025 04:43
Last Modified: 10 Nov 2025 04:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12707

Actions (login required)

View Item View Item