Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan media video pembelajaran berbantu CapCut pada materi sistem peredaran darah di MAN Tapanuli Selatan

Harahap, Anggun Winda Sari (2025) Pengembangan media video pembelajaran berbantu CapCut pada materi sistem peredaran darah di MAN Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2120800003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian yang dilatar belakangi oleh penggunaan media video pembelajaran yang belum optimal akan kebutuhan media pembelajaran yang menarik, mudah dipahami, dan relevan dengan kebiasaan belajar siswa yang kini cenderung visual dan digital. Media pembelajaran yang digunakan masih kurang optimal sehingga menimbulkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran menggunakan aplikasi CapCut yang valid, praktis, dan efektif pada materi sistem peredaran darah manusia untuk siswa kelas XI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup lima tahap, yaitu: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-7 dengan jumlah 30 siswa tahun ajaran 2024/2025. Instrumen pengumpulan data berupa angket validasi dari ahli media, materi, dan bahasa. Angket mengukur kepraktisan dibagikan kepada guru biologi dan siswa, sedangkan untuk mengukur efektivitas adalah menggunakan tes berupa pretest-posttest. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video yang dikembangkan memiliki tingkat validitas dari ahli media 98,08% (kategori sangat valid), ahli materi 92,5% (kategori sangat valid), dan ahli bahasa 100% (kategori sangat valid). Selain itu, respon dari guru 89,58% dan respon siswa 93,5% (kategori sangat praktis). Hasil uji efektivitas dengan menggunakan hasil tes siswa adalah dari nilai pretest dengan persentase 67,26% dan posttest dengan persentase 84,6%, untuk melihat seberapa peningkatan hasil belajar siswa diakukan hitung N-Gain dengan persentase 50,99% dengan kategori cukup efektif. Oleh karena itu, media video pembelajaran berbasis CapCut ini dapat digunakan sebagai alternatif media yang efektif dalam proses pembelajaran Biologi, khususnya pada materi sistem peredaran darah manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, M.Si dan Misahradarsi Dongoran, M.Pd
Keywords: Media video; CapCut; Sistem peredaran darah; MAN Tapanuli Selatan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 10 Nov 2025 04:43
Last Modified: 10 Nov 2025 04:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12704

Actions (login required)

View Item View Item