Nasution, Riski Safrona (2025) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2020100008.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu agenda penting nasional dalam rangka penciptaan dan peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas yang terus menerus dilaksanakan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan nasional perlu dilakukan pembenahan dalam unsur terkait dengan pendidikan diantaranya penyediaan buku-buku pelajaran, sarana dan prasarana, pembinaan tenaga guru yang profesional dan perbaikan kurikulum sekolah. Guru telah melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa antara lain upaya aktif dan bersemangat dalam memberikan materi pelajaran, menjelaskan tujuan pembelajaran, memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, memberikan tugas kepada siswa pada setiap selesai pelajaran, menggunakan berbagai macam metode mengajar dan alat peraga, menciptakan suasana kelas yang kondusif dan menyenangkan dan mengadakan evaluasi belajar setiap materi pelajaran selesai. Namun masih terdapat siswa yang nilainya belum mencapai KKM dikarenakan siswa kurang fokus dalam mengikuti pembelajaran, tidak serius dalam proses pembelajaran, tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Jenis penelitiaan yang dilakukan oleh peneliti ialah jenis penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dalam penelitian ini peneliti mewawancarai Guru Pendidikan Agama Islam dan Siswa kelas IX SMA N 2 Paddangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data secara induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMA N 2 Padangsidimpuan telah berhasil. Hal ini dibuktikan dalam proses pembelajaran tentunya guru PAI memberikan pendidikan akademik sesuai dengan materi yang diajarkan, mendidik siswa dalam melakukan perilaku dan sopan santun yang baik dan membimbing siswa agar melakukan perilaku yang baik dan terhindar dari perilaku yang menyimpang. Ada beberapa faktor pendukung diantaranya: adanya interaksi antara guru dan siswa, pembelajaran dalam menyampaikan materi pembelajaran seperti poster gambar wudhu, LCD, gambar, patung, Al-Qur’an dan terkadang menggunakan media praktek di mushola sekolah. Namun terkadang ada beberapa siswa yang kurang memahami penjelasan-penjelasan yang telah disampaikan oleh guru disebabkan karena tidak cukupnya waktu dalam proses belajar mengajar.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Rayendriani Fahmei Lubis, M.Ag dan Nursyaidah, M.Pd |
| Keywords: | Guru; Pendidikan Agama Islam; Hasil belajar; Siswa; SMA Negeri 2 Padangsidimpuan |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 03:55 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 03:55 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12687 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
