Harahap, Meliana (2025) Pengaruh penggunaan media youtube terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) di kelas V SD Negeri 100909 Muara Upu Kecamatan Muara Batang Toru Kabupaten tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2120500226.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini merupakan pengaruh penggunaan media youtube terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 100909 Muara Upu pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar Seni Budaya dan Prakarya di SD Negeri 100909 Muara Upu Kecamatan Muara Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran yang variatif dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran yang disampaikan oleh guru masih cenderung pada metode ceramah dan guru hanya menggunakan media spidol, buku dan papan tulis sebagai alat bantu menyampaikan materi pembelajaran, selain itu dapat diketahui bahwa media youtube masih jarang digunakan dalam proses pembelajaran khusus-nya pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP). Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media youtube terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya dan prakarya (SBdP) di kelas V SD Negeri 100909 Muara Upu Kecamatan Muara Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan. Metode yang di gunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk One Group Pretest Posttest Design.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normaloitas, uji t dan uji N-gain. Dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri 100909 Muara Upu yang terdiri dari 18 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh media youtube pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya ( SBdP) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dilihat dari nilai pre-test yang tuntas sebanyak 5 peserta didik. Dan hasil post-test yang tuntas sebanyak 17 peserta didik. Hasil belajar dibuktikan dari hasil uji hipotesis bahwa nilai sig 0,000 < 0,05 dan t-hitung = 8,246 lebih besar dari t-tabel = 2,120 yang menyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan media youtube dapat meningkatkan hasil belajar Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) di kelas 5 SD Negeri 100909 Muara Upu Kecamatan Muara Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan tahun pelajaran 2025- 2026.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Ali Asrun Lubis, S.Ag, M.Pd. dan Asriana Harahap, M.Pd. |
| Keywords: | Penggunaan media youtube; Mata Pelajaran Seni Budaya; Prakarya (SBDP); Kelas V SD Negeri 100909 Muara Upu Kecamatan Muara Batang Toru Kabupaten tapanuli Selatan |
| Subjects: | 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190205 Interactive Media 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Mrs. Mutia Handayani, S.IP |
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 08:53 |
| Last Modified: | 23 Oct 2025 08:53 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12670 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
