Situmeang, Sabitah Najmi (2025) Penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas iv di SD Negeri 200405 Hutaimbaru Jl. Sibolga, Km 4 Hutaimbaru, Kec. Hutaimbaru, Kota Padangsidimpuan Prov. Sumatera Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2120500005.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang diterapkan belum optimal dan peserta didik kurang tertarik dengan proses pembelajaran. Maka, perlu adanya perubahan pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan menggunakan model pembelajaran make a match (mencari pasangan kartu) dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model make a match dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV di SD Negeri 200405 Hutaimbaru Jl. Sibolga, KM 4 Hutaimbaru, Kec. Hutaimbaru, Kota Padangsidimpuan Prov. Sumatera Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model make a match dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV di SD Negeri 200405 Hutaimbaru Jl. Sibolga, KM 4 Hutaimbaru, Kec. Hutaimbaru, Kota Padangsidimpuan Prov. Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi di SD Negeri 200405 Hutaimbaru. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model make a match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata dan ketuntasan hasil belajar peserta didik, yaitu pada prasiklus rata-rata 53,7% dan ketuntasan sebesar 13% (3 dari 24 peserta didik). Pada siklus I pertemuan I menjadi skor rata-rata nilai peserta didik 60,2 % dan ketuntasan peserta didik 39% (5 dari 24 peserta didik). Sedangkan siklus I pertemuan II menjadi skor rata-rata nilai peserta didik 72,5 % dan ketuntasan peserta didik 50% (12 dari 24 peserta didik). Pada siklus I pertemuan I nilai rata-rata peserta didik 79,1% dan ketuntasan peserta didik 71% (17 dari 24 peserta didik). Sedangkan siklus II pertemuan II menjadi skor rata-rata nilai peserta didik 92,9 % dan ketuntasan peserta didik 92% (22 dari 24 peserta didik). Dapat disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV di SD Negeri 200405 Hutaimbaru. Untuk penelitian selanjutnya peneliti berharap agar proses pembelajaran lebih ditingkatkan agar tercapainya tujuan pembelajaran, serta waktunya diperpanjang dalam penerapan model pembelajaran make a match
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M. Si. dan Dr. Anita Adinda, M. Pd. |
| Keywords: | Model pembelajaran; Make a match; Meningkatkan hasil belajar IPA; kelas IV di SD Negeri 200405 Hutaimbaru Jl. Sibolga, Km 4 Hutaimbaru, Kec. Hutaimbaru, Kota Padangsidimpuan Prov. Sumatera Utara |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Mrs. Mutia Handayani, S.IP |
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 08:51 |
| Last Modified: | 23 Oct 2025 08:51 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12669 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
