Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 6 Padangsidipuan

Harahap, Indah Lestari (2025) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 6 Padangsidipuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020100249.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya prestasi belajar siswa yang rendah. siswa menerima materi pelajaran dengan cukup baik tetapi pemahaman tentang konsep materi yang telah diberikan masih kurang. Hal ini bisa dilihat dari proses evaluasi secara lisan. Siswa membutukan waktu yang lama untuk bisa menjelaskan konsep dasar tentang materi yang telah diberikan oleh guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru pai dalam meningkatkan prestasi belajar di SMA Negeri 6 Kota Padangsidimpuan dan apa saja faktor- faktor yang mempengaruhi perstasi belajar siswa di SMA Negeri 6 Kota Padangsidimpuan. adapun Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan, dan untuk mengetahui apa saja faktor- faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yaitu menggambarkan fenomena-fenomena atau kejadian yang terjadi dilapangan apa adanya. Instrument pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dengan cara memberi motivasi belajar siswa yaitu dengan memberi nilai, memberi tugas, memberi hadiah, memacu minat siswa. memberi bimbigan belajar. Sedangkan faktor-faktor yang memepengaruhi prestasi belajar pendidikan agama Islam ada dua faktor yaitu faktor internal ( faktor yang berasal dari diri siswa) yaitu aspek fisiologis yang sering dikenal dengan keadaan fisik dari siswa. aspek psikologis yaitu perhatian, minat, motivasi. Faktor eksternal (faktor yang berasal dari luar siswa) seperti faktor lingkungan dan faktor instrumental (sarana prasarana seperti ruang belajar, media pembelajaran, guru, materi pelajaran strategi yang digunakan). Dalam menempuh suatu usaha tidak luput dari hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam proses pelaksanaan kegiatan belajar mengajar tentu harus didukung oleh beberapa hal seperti guru, materi, murid, sarana dan prasarana serta lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ali Asrun, S.Ag., M.Pd dan Efrida Mandasari Dalimunthe, M.Psi
Keywords: Guru; Pendidikan agama Islam; Prestasi belajar; Siswa; SMA Negeri 6 Padangsidimpuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 06 Oct 2025 04:34
Last Modified: 06 Oct 2025 04:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12647

Actions (login required)

View Item View Item