Siregar, Wilda Afni (2025) Pengembangan media herbarium book dalam pembelajaran tematik di Kelas IV SD Negeri 200221 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500186.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Pengembangan media Herbarium Book dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar, kurangnya motivasi peserta didik serta kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam pelajaran IPA. Pembelajaran biasanya dilakukan dengan menggunakan sumber belajar berupa buku paket yang terbatas dan tidak setiap siswa memilikinya. Guru sebagai sumber utama belajar menjelaskan materi dengan bantuan papan tulis sebagai media. Menurut sebagian siswa pembelajaran tersebut membosankan. Sehingga perlu adanya inovasi dalam penggunaan media guna menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa ketika belajar IPA khususnya materi bagian tumbuhan dan fungsinya. Selain itu media juga dapat membantu siswa untuk mengulang materi dengan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media herbarium book sebagai media pembelajaran yang variatif pada pelajaran IPA. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media herbarium book dalam pembelajaran IPA materi bagian tumbuhan dan fungsinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan media pembelajaran ini dikembangkan berdasarkan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Sesuai dengan nama model pengembangannya, penelitian ini dilakukan melalui lima tahapan yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket dan tes. Angket ditujukan kepada validator, peserta didik dan guru. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 22 siswa kelas IVA SD Negeri 200221 Padangsidimpuan. Hasil validasi oleh ahli terhadap media pembelajaran diperoleh nilai 85,46% kriteria “sangat valid”. Sehingga media telah layak digunakan dalam pembelajaran IPA materi bagian tumbuhan dan fungsinya. Adapun hasil kepraktisan media diperoleh nilai 92,35% kriteria “sangat praktis”. Kemudian, uji keefektifan media dilakukan dengan menggunakan perhitungan N-Gain Score pada hasil uji pretest dan posttest. Hasil yang diperoleh pada uji keefektifan 73,45% kriteria “cukup efektif” digunakan dalam pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Mariam Nasution, M.Pd dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I |
Keywords: | Media herbarium book; Pembelajaran tematik; Kelas IV SD Negeri 200221 Padangsidimpuan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 04:13 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 04:13 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12645 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |