Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode demonstrasi pada materi thaharah di kelas VII Pondok Pesantren Al-Ihsan

Pane, Dedi Rizki Sitorus (2025) Upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode demonstrasi pada materi thaharah di kelas VII Pondok Pesantren Al-Ihsan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2120100143.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi thaharah di kelas VII Pondok Pesantren Al-Ihsan. Metode demonstrasi merupakan metode pembelajaran yang dilakukan dengan cara memperagakan atau menunjukkan proses dan tata cara melakukan sesuatu sehingga memudahkan siswa memahami materi pembelajaran secara langsung.Penelitian ini dilakukan melalui observasi langsung terhadap proses pembelajaran di kelas VII Pondok Pesantren Al-Ihsan dengan jumlah 27 siswa, dimana 20 di antaranya adalah siswa laki-laki Berdasarkan observasi awal, hasil belajar siswa pada materi thaharah menunjukkan bahwa 10 siswa memperoleh nilai di atas 60, 10 siswa memperoleh nilai 70, dan 7 siswa memperoleh nilai di bawah 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi berhasil meningkatkan aktivitas dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran thaharah. Siswa terlibat secara fisik, emosional, dan intelektual sehingga mampu memahami dan mempraktikkan tata cara pelaksanaan thaharah, khususnya berwudhu dengan baik dan benar. Metode demonstrasi terbukti efektif karena memberikan pengalaman belajar langsung bagi siswa dan memungkinkan mereka untuk bertanya tentang hal-hal yang kurang dipahami setelah melihat praktik yang didemonstrasikan oleh guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran materi thaharah secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di Pondok Pesantren Al-Ihsan, sehingga direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran materi-materi praktis lainnya dalam Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ali Asrun, S.Ag., M.Pd. dan Sakinah Siregar, M.Pd.
Keywords: Upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa; Penerapan metode demonstrasi; Materi Thaharah; Kelas VII Pondok Pesantren Al-Ihsan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Mutia Handayani, S.IP
Date Deposited: 20 Oct 2025 03:40
Last Modified: 20 Oct 2025 03:40
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12638

Actions (login required)

View Item View Item