Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran Prediction, Observation, Explanation (POE) untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi perubahan wujud benda di Kelas V SDN 14 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat

Wirda, Asma (2025) Penerapan model pembelajaran Prediction, Observation, Explanation (POE) untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi perubahan wujud benda di Kelas V SDN 14 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2120500085.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas V di SDN 14 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Hal ini dilihat dari hasil rata-rata nilai ulangan siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh minimnya ketertarikan siswa dalam belajar sehingga hasil belajar siswa banyak yang belum mencapai KKM. Selain itu, model yang digunakan juga masih kurang menarik dan bervariasi sehingga mengakibatkan siswa mudah bosan saat proses pembelajaran berlangsung karena gaya belajar yang cenderung monoton, serta siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda dengan menggunakan Model Pembelajaran Prediction, Observation, Explanation (POE) di kelas V SDN 14 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan guru wali kelas V SDN 14 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat, dengan subjek penelitian kelas V yang berjumlah 16 orang. Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa butir soal dan lembar observasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan II siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Hasil penelitian dengan menerapkan Model Pembelajaran Prediction, Observation, Explanation (POE) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa di kelas V SDN 14 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Hal ini dilihat dari hasil belajar siswa mulai dari pra siklus dengan nilai rata-rata siswa 61,875 dan persentase ketuntasan 25%. Pada siklus I pertemuan I nilai rata-rata siswa mencapai 65,625 dengan persentase ketuntasan 37,5%. Sedangkan pada siklus I pertemuan II diperoleh nilai rata-rata siswa 73,75 dengan persentase ketuntasan sebesar 50%. Kemudian pada siklus II pertemuan I diperoleh nilai rata-rata siswa adalah 78,75 dengan persentase ketuntasan 62,5%. Dan pada siklus II pertemuan II diperoleh nilai rata-rata siswa yaitu 81,875 dengan persentase ketuntasan mencapai 87,5%. Dengan demikian, hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan dengan menerapkan Model Pembelajaran Prediction, Observation, Explanation (POE). Dan penelitian ini dihentikan pada siklus II karena telah mencapai indikator keberhasilan yang telah peneliti targetkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hamdan Hasibuan, S.Pd.I., M.Pd dan Asriana Harahap, M.Pd
Keywords: Model pembelajaran Prediction, Observation, Explanation (POE); Hasil belajar; Siswa; Perubahan wujud benda; Kelas V; SDN 14 Gunung Tuleh: Kabupaten Pasaman Barat
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 03 Oct 2025 03:50
Last Modified: 03 Oct 2025 03:50
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12632

Actions (login required)

View Item View Item