Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Meningkatkan kemampuan berhitung melalui penggunaan media kantong bilangan Siswa Kelas I SD Negeri 200216 Aek Tampang

Hasibuan, Hatnima Putri (2025) Meningkatkan kemampuan berhitung melalui penggunaan media kantong bilangan Siswa Kelas I SD Negeri 200216 Aek Tampang. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2120500036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Hal ini disebabkan karna guru kurang bervariasi dalam penggunaan media dan lebih sering hanya menggunakan papan tulis dan spidol. Guru juga hanya menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah untuk melaksanakan pembelajaran. Maka, perlu adanya perubahan pelaksanaan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana media kantong bilangan dapat meningkatkan kemampuan berhitung peserta didik kelas I Negeri 200216 Aek Tampang . Metode penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas, dengan dua siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas I SD Negeri 200216 Aek Tampang yang berjumlah 12 siswa, siswa laki-laki terdiri dari 6 orang dan siswa perempuan 6 orang . Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi guru dan peserta didik selama proses pembelajaran serta menggunakan tes berupa soal yang dilaksanakan pada akhir siklus. Hasil penelitian ini dilihat melalui siklus yang telah dilakukan, pada siklus I hasil belajar peserta didik mencapai 33,33% dari 12 peserta didik dan hanya 6 peserta didik yang tuntas. Selanjutnya, pada siklus II mengalami peningkatan dengan hasil belajar mencapai 91,67% dan haya 1 peserta didik yang tidak tuntas. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan terdapat peningkatan kemampuan berhitung peserta didik kelas I melalui penggunaan media kantong bilangan di SD Negeri 200216 Aek Tampang. Saran pada penelitian ini bagi guru bahwa media kantong bilangan dalam pembelajaran matematika sudah terbukti dapat meningkatkan kemampuan berhitung peserta didik kelas I.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Nur Azizah Putri Hasibuan, M.Pd
Keywords: Berhitung; Media kantong bilangan; Siswa; Kelas I; SD Negeri 200216 Aek Tampang
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 03 Oct 2025 03:37
Last Modified: 03 Oct 2025 03:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12631

Actions (login required)

View Item View Item