Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Hubungan tingkat pendidikan orang tua dengan hasil belajar matematika siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Padangsidimpuan Selatan

Simbolon, Machmul Syarif (2023) Hubungan tingkat pendidikan orang tua dengan hasil belajar matematika siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Padangsidimpuan Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
SKRIPSI MACHMUL SYARIF SIMBOLON - Copy - Machmul Syarif.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya perhatian orang tua terhadap kegiatan belajar siswa di kelas V MI Padangsidimpuan Selatan, tetapi peneliti hanya melihat faktor, Pembinaan oleh orang tua di rumah yang tidak memberikan arahan untuk keberlangsungan proses belajar anak, kesadaran belajar siswa kelas V MI Padangsidimpuan Selatan belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan hubungan antara tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di MI Padangsidimpuan Selatan dan untuk menganalisa besarnya kontribusi tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di MI Padangsidimpuan Selatan. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di MI Padangsidimpuan Selatan. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan Total Sampling, diperoleh sampel seluruh siswa kelas VA dan V B di MI Padangsidimpuan Selatan sebanyak 68 orang. Penelitian ini dilaksanakan di MI Padangsidimpuan Selatan pada bulan Oktober 2022. Pengumpulan data dengan menggunakan penyebaran angket untuk mendapatkan data tentang variabel bebas yaitu Pendidikan Orang Tua sedangkan untuk variabel terikatnya dilakukan pendekatan dengan melihat hasil belajar nilai raport siswa. Data dianalisis menggunakan korelasi produck moment pada signifikan a=0,05,untuk mengetahui hubungan ditentukan dengan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh koefisien korelasi antara pendidikan orang tua (X) terhadap hasil belajar siswa (Y) rhitung = 0,316 > rtabel = 0,235 dan uji signifikasi dengan distribusi t terdapat thitung = 2,701 > ttabel = 1,668, artinya hipotesis yang diajukan diterima. Jadi kesimpulan pada penelitian ini yaitu variabel (X) pendidikan orag tua memberikan kontribusi yang signifikan terhadap variabel (Y) hasil belajar siswa sebesar 9,96% pada siswa di MI Padangsidimpuan pada Kelas VA dan VB.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Asriana Harahap, M. Pd
Keywords: Tingkat Pendidikan orangtua; Hasil belajar matematika; MIN; Padangsidimpuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 02 Oct 2025 02:37
Last Modified: 02 Oct 2025 02:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12590

Actions (login required)

View Item View Item