Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh religiusitas dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Rahmat Syariah Swalayan City Walk Padangsidimpuan

Lubis, Ilma Sari (2018) Pengaruh religiusitas dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Rahmat Syariah Swalayan City Walk Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 402 00066.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Keputusan pembelian merupakan suatu proses pengambilan keputusan akan pembelian yang mencakup penentuan apa yang akan dibeli atau tidak melakukan pembelian dan keputusan itu diperoleh dari kegiatan-kegiatan sebelumnya. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh religiusitas dan lokasi secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian di Rahmat Syariah Swalayan Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh religiusitas dan lokasi secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Rahmat Syariah Swalayan Padangsidimpuan. Kegunaan penelitian ini adalah untuk masyarakat, pemilik atau pengusaha Swalayan Rahmat Syariah City Walk Padangsidimpuan dan peneliti selanjutnya. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manejemen pemasaran. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan keputusan pembelian konsumen yang meliputi religiusitas dan lokasi serta aspek-aspek bagian tertentu. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan model analisis regresi linear berganda. Sampel yang digunakan sebanyak 69 responden yang diambil dari konsumen Rahmat Syariah Swalayan yang berada di City Walk Padangsidimpuan dengan menggunakan rumus jumlah populasi yang tidak diketahui. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, kemudian di analisis dengan mengggunakan alat bantu statistik yaitu SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa nilai R Square sebesar 0,923 atau sama dengan 92,3%. Berarti hanya 92,3% variabel religiusitas dan lokasi yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen pada Rahmat Syariah Swalayan Padangsidimpuan. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel religiusitas dan lokasi yaitu sebesar 7,7%. Terdapat pengaruh religiusitas terhadap keputusan pembelian konsumen pada Rahmat Syariah Swalayan Padangsidimpuan dengan nilai thitung>ttabel (1,966>1,668). Terdapat pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Rahmat Syariah Swalayan City Walk Padangsidimpuan dengan nilai thitung>ttabel (1,669>1,668). Secara simultan dengan h03 ditolak dan ha3 diterima. Hal ini dibuktikan dengan uji F, dengan Fhitung> Ftabel (398,178 > 2,384).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Religiusitas; Lokasi; Keputusan Pembelian Konsumen
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 05 May 2020 13:37
Last Modified: 03 Jun 2020 04:39
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1257

Actions (login required)

View Item View Item