Siregar, Anni Zakiah (2025) Eksplorasi etnomatematika Pada Masjid Agung Al-Munawwaroh Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2120200043.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan sarana penting dalam pengembangan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing. Dalam konteks ini, matematika memiliki peran strategis sebagai ilmu dasar dalam membentuk kemampuan berpikir logis, sistematis, dan kritis. Namun, pembelajaran matematika yang kaku dan tidak kontekstual seringkali menjadi kendala dalam menumbuhkan minat belajar siswa. Etnomatematika hadir sebagai pendekatan inovatif yang mengaitkan matematika dengan budaya lokal, sehingga dapat menjadikan proses belajar lebih bermakna.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengeksplorasi konsep etnomatematika pada arsitektur Masjid Agung Al-Munawwaroh Padang Lawas, serta menganalisis bagaimana konsep matematika dapat diintegrasikan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan di masjid agung Al Munawwarah yang berlokasi pada Desa Sigala-gala, Kecamatan Barumun, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Lingkungan 6 Padang Luar, Kabupaten Padang Lawas. mulai dari Oktober 2024 hingga 07 April 2025. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan diperoleh berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengecekan Hasil keabsahan data menggunakan Perpanjangan Keikutsertaan, Ketekunan/Keajengan Pengamatan, Triangulasi. Dan teknik yang digunakan untuk pengolahan dan Hasil analisis data adalah Analisis Domain, Analisis Taksonomi, Analisis Kompensional, dan Analisis Tema Budaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa arsitektur Masjid Agung Al-Munawwaroh Padang Lawas mengandung konsep matematika seperti geometri (segitiga, lingkaran, persegi, persegi panjang, dan layang-layang), simetri, dan proporsi. Konsep-konsep matematika ini ditemukan dalam struktur bangunan, ornamen, dan desain masjid. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa integrasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa, serta membantu mereka memahami konsep matematika dalam konteks budaya yang relevan. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bagi guru dan peneliti dalam mengembangkan pembelajaran matematika yang inovatif dan kontekstual
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Suparni, M.Pd dan Dr. Anita Adinda, M.Pd |
Keywords: | Eksplorasi; Etnomatematika; Masjid Agung Al-Munawwaroh; Padang Lawas |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 02:58 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 02:58 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12554 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |