Harahap, Lady Azizah (2025) Interaksi guru dan siswa dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama islam Kelas VI di Sekolah Dasar Negeri 200407 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020100298.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Guru sebagai pengelola kelas mengajar dengan sukses berarti harus ada keterlibatan siswa secara aktif untuk belajar. Keduanya berjalan seiring, tidak ada yang mendahului antara mengajar dan belajar karena masing-masing memiliki peran yang memberikan pengaruh satu dengan yang lainnya. Perlunya interaksi antara guru dan siswa sehingga guru dapat memberikan motivasi kepada siswa agar mampu dalam mengikuti pembelajaran khususnya pendidikan agama Islam. Motivasi mempunyai peranan penting dalam proses belajar mengajar baik bagi guru maupun siswa. Bagi guru mengetahui motivasi belajar dari siswa sangat diperlukan guna memelihara dan meningkatkan semangat belajar siswa. Bagi siswa motivasi belajar dapat menumbuhkan semangat belajar sehingga siswa terdorong untuk melakukan perbuatan belajar. Siswa melakukan aktivitas belajar dengan senang karena didorong motivasi. Saat ini, banyak siwa yang kurang termotivasi untuk belajar. Motivasi belajar pada siswa dapat menjadi lemah, lemahnya motivasi atau tiadanya motivasi belajar akan melemahkan kegiatan, sehingga mutu hasil belajar akan menjadi rendah. Oleh karena itu, motivasi belajar pada diri siswa perlu diperkuat terus menerus. Dengan tujuan agar siswa memiliki motivasi belajar yang kuat, sehingga hasil belajar yang diraihnyapun dapat optimal. Siswa yang berkomunikasi baik dengan gurunya sangat berbeda dengan siswa yang tidak memiliki komunikasi yang baik dengan gurunya saat proses pembelajaran berlangsung. Proses komunikasi melibatkan penyampaian pesan atau interaksi dari pengirim kepada penerima. Komunikasi melibatkan dua orang atau lebih untuk saling bertukar informasi. Oleh karena itu, ada kebutuhan akan tanggapan (feedback) yang timbal balik antara komunikator dan komunikan. Hal serupa berlaku dalam bidang pendidikan, di mana komunikasi yang efektif diperlukan agar materi pelajaran yang disampaikan oleh komunikator (guru) kepada komunikan (siswa) dapat dipahami secara optimal, memungkinkan tercapainya tujuan pendidikan yang diinginkan. Guru PAI Sekolah Dasar Negeri 200407 Padangsidimpuan melakukan beberapa interaksi yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI A. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru PAI serta siswa kelas VI A terdapat lima interaksi yang diterapkan guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu menceritakan pengalaman, menceritakan kisah Nabi, perduli terhadap masalah siswa, guru sebagai teladan dan contoh serta pemberian reward atau hadiah kepada siswa. Interaksi tersebut berdasarkan hasil wawancara dengan siswa bahwa siswa senang dengan interaksi yang dilakukan oleh guru PAI kepada para siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Dr. Suparni, S.Si., M.Pd. |
Keywords: | Interaksi guru dan siswa; Motivasi belajar; Pendidikan agama islam; Kelas VI; Sekolah Dasar Negeri 200407; Padangsidimpuan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 09:01 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 09:01 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12541 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |