Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Motivasi dan keaktifan siswa Kelas VIII dalam mengikuti pembelajaran pendidikan agama islam

Fauziah, Sahidatil (2025) Motivasi dan keaktifan siswa Kelas VIII dalam mengikuti pembelajaran pendidikan agama islam. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2120100026.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya semangat dan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran PAI belajar sehingga diperlukan solusi dan ikhtiar guru untuk memotivasi mereka. Tujuannya adalah untuk membangun kembali semangat dan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI melalui penanaman motivasi yang kuat kepada mereka. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif deskriptif yaitu menampilkan data yang sebenarnya terjadi di lapangan berdasarkan fakta yang terjadi. Sumber data penelitian adalah siswa kelas VIII sebanyak 10 orang dan guru Pendidikan Agama Islam di kelas VIII yang ditentukan berdasarkan teknik Purposive Sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Teknik Pengecekan keabsahan data menggunakan tahapan peningkatan ketekunan, triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Kemudian data dianalisis dengan langkah yang dikemukakan oleh Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang ditemukan menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu pada kategori cukup dengan motivasi yang bervariasi antar individu. Sebagian besar siswa motivasinya lebih dipengaruhi oleh faktor ekstrinsik, yaitu kondisi lingkungan belajar, upaya guru dalam pembelajaran yang diberikan kepada siswa dan unsur-unsur dinamis pembelajaran. Kemudian penggunaan bentuk-bentuk motivasi belajar yaitu: memberi nilai atas kinerja yang telah dilakukan siswa, pemberian reward yaitu balasan atau ganjaran untuk memotivasi siswa melakukan respon yang positif dan pemberian punishment atau hukuman, serta kompetisi dapat digunakan sebagai alat motivasi untuk mendorong anak didik agar mereka bergairah belajar dan menigkatkan keaktifan siswa. Selanjutnya, motivasi intrinsik siswa dalam belajar cenderung kurang menonjol dan dipengaruhi oleh faktor kondisi siswa dan kemampuan siswa. Selain itu, temuan ini menunjukkan adanya keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran diantaranya: kegiatan-kegiatan visual yang diberikan kepada siswa berupa membaca alqur’an dan mengamati tajwid dan kegiatan menulis ayat Al-Qur’an. Kegiatan-kegiatan lisan juga dilakukan guru seperti menjawab dan mengajukan pertanyaan. Kegiatan-kegiatan mendengarkan seperti mendengarkan penjelasan guru, dan kegiatan-kegiatan menggambar yang dilakukan yaitu membuat kaligrafi setiap selesai materi satu bab pembelajaran. Adapun rekomendasi bagi peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian dengan analisis motivasi internal dan eksternal secara komprehensif melalui pendekatan mixed methods sehingga diperoleh data yang lebih lengkap dan mendalam untuk memperoleh pengetahuan tentang lebih dominan mana antara motivasi internal dan motivasi eksternal siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hj. Nahriyah Fata, S.Ag., M.Pd dan Asriana Harahap, M.Pd
Keywords: Motivasi; Keaktifan; Siswa Kelas VIII; Pembelajaran pendidikan agama islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 08 Oct 2025 08:51
Last Modified: 08 Oct 2025 08:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12540

Actions (login required)

View Item View Item