Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi pendekatan project based learning terhadap sikap sains pada pembelajaran kimia siswa Maahad Tahfiz Baitul Ehsan Al-Khairi Maluri Kuala Lumpur

Siregar, Anisyah (2025) Implementasi pendekatan project based learning terhadap sikap sains pada pembelajaran kimia siswa Maahad Tahfiz Baitul Ehsan Al-Khairi Maluri Kuala Lumpur. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2120700003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Sikap sains suatu aspek penting dalam pembelajaran kimia, terutama dalam membangun pemahaman yang lebih mendalam serta meningkatkan minat siswa terhadap sains. Rendahnya sikap sains siswa Maahad Tahfiz Baitul Ehsan Al-Khairi Maluri Kuala Lumpur disebabkan karena tidak diterapkannya pembelajaran sains, sehingga Peneliti tertarik untuk meneliti hal tersebut dengan tujuan untuk mengetahui implementasi pendekatan project-based learning terhadap sikap sains pada pembelajaran kimia serta perbedaan sikap sains berdasarkan gender dan tingkat kelas. Penelitiannya dilakukan di Maahad Tahfiz Baitul Ehsan Al-Khairi Maluri Kuala Lumpur dengan menggunakan total sampling sebanyak 75 siswa terdiri dari 35 siswa Laki-laki dan 40 siswa Perempuan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif (mix-method) jenis explanatory sequential design. Instrumen pengukuran sikap sains siswa menggunakan Test of Science-Related Attitudes (TOSRA) dari Barry J. Fraser. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan project-based learning berdampak positif terhadap sikap sains pada pembelajaran kimia dan hasil penelitian berdasarkan gender pada siswa perempuan mempunyai sikap sains yang lebih positif dibandingkan siswa laki-laki, dan berdasarkan tingkat kelas, siswa yang berada pada kelas tinggi mempunyai sikap sains yang lebih positif dibandingkan dengan kelas lainnya. Dengan demikian, penelitian ini menegaskan bahwa penerapan PjBL dalam pembelajaran kimia dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan sikap sains siswa. Oleh karena itu, pendekatan ini direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran sains di sekolah-sekolah berbasis tahfiz maupun sekolah lainnya guna meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap sains

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Mariam Nasution, M.Pd. dan Nur Azizah Putri Hasibuan, M.Pd.
Keywords: Project Based Learning; Sains; Pembelajaran Kimia; Siswa Maahad Tahfiz Baitul Ehsan; Al-Khairi Maluri Kuala Lumpur
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: Mr. Ahmad Kamal Siregar
Date Deposited: 11 Aug 2025 06:44
Last Modified: 11 Aug 2025 06:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12525

Actions (login required)

View Item View Item