Mtd, Syifa Gadis Aulia (2025) Pengembangan game edukasi Quick Count Math pada materi operasi bilangan bulat untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Panyabungan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2120200047.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Pengembangan media pembelajaran Quick Count Math berbasis Construct 2 dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman konsep siswa pada materi operasi bilangan bulat serta minimnya penggunaan media teknologi dalam pembelajaran metamatika di SMP Negeri 2 Panyabungan. Pembelajaran biasanya dilakukan dengan menggunakan sumber belajar buku paket yang terbatas dan tidak semua siswa memilikinya. Guru sebagai sumber utama belajar menjelasakan materi dengan bantuan papan tulis sebagai media. Menurut sebagian siswa pembelajaran tersebut membosankan, sehingga perlu adanya inovasi dalam pengguaan media guna menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa ketika belajar matematika khususnya materi operasi bilangan bulat. Selain itu media juga dapat membantu siswa untuk mengulang materi dengan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Quick Count Math berbasis Construct 2 serta untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa terhadap materi operasi bilangan bulat. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Model pengembagan media pembelajaran ini dikembangan berdasarkan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Istrumen pada penelitian ini menggunakan wawancara, angket, dan tes. Angket ditujukan kepada validator, peserta didik dan guru. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 34 siswa kelas VII SMP N 2 Panyabungan. Hasil validasi oleh tiap validator terhadap media pembelajaran diperoleh kriteria sangat valid dengan persentase 89,4%. sehingga media telah layak digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi operasi bilangan bulat. Adapun hasil analisis respon peserta didik dan guru terhadap kepraktisan media memperoleh media sangat praktis. Kemudian, uji keefektifan media dilakukan dengan menggunakan perhitungan N- Gain Score pada hasil uji pretest dan postest. Hasil yang diperoleh pada uji keefektifan ini adalah media telah efektif dengan persentase 82,06%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Mariam Nasution, M.Pd. dan Diyah Hoiriyah, S.Pd.I., M.Pd. |
Keywords: | Game edukasi; Quick Count Math; Materi operasi bilangan bulat; Pemahaman konsep; Siswa kelas VII; SMP Negeri 2 Panyabungan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 05:07 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 05:07 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12499 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |