Rahayu, Sri (2025) Pencegahan perilaku bully oleh guru pendidikan agama islam di Kelas VIII B MTs Negeri 3 Labuhan Batu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020100154.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah perilaku bully, baik itu berbentuk verbal maupun fisik, psikologis dan cyberbully, yang sering terjadi di MTs Negeri 3 Labuhan Batu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk perilaku bully yang terjadi, solusi guru Pendidikan Agama Islam dalam mencegah terjadinya bully dan serta hambatan guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya pencegahan bully yang ada di kelas VIII B MTs Negeri 3 Labuhan Batu. Penelitian ini penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, pengumpulan data penelitian dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bentuk perilaku bully yang terjadi di kelas VIII B MTs Negeri 3 Labuhan Batu meliputi pada: a) bullying fisik seperti memukul dan mencubit, b) bullying verbal seperti mengejek orang tua dan teman, serta c) bullying psikologis berupa penghinaan dan pengucilan. Upaya pencegahan guru Pendidikan Agama Islam mencakup kepada pemahaman terhadap penyebab bully, pemberian hukuman bertahap, penanaman nilai agama, dan nasihat tentang akhlak mulia. Namun, pendekatan ini masih terbatas pada nasihat dalam kelas sehingga kurang efektif, dan diperlukan pendekatan lebih menyeluruh serta evaluasi. Hambatan dalam pencegahan bully di kelas VIII B MTs Negeri 3 Labuhan Batu meliputi rendahnya kesadaran siswa, budaya sekolah kurang mendukung, kesulitan deteksi perilaku, kolaborasi minim dengan orang tua, pengaruh media sosial, serta ketidakefektifan program pencegahan yang ada. Dengan demkian, kesimpulannya bahwa perilaku bully meliputi bully fisik, verbal, dan psikologis, masih menjadi masalah signifikan di lingkungan sekolah. Oleh karenanya, dibutuhkan strategi yang komprehensif, melibatkan pendekatan menyeluruh dan sinergi antara guru, sekolah, dan orang tua untuk mengatasi bullying secara efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Latifa Annum Dalimunthe, S.Ag., M.Pd.I dan Yunaldi, S.Pd.I., M.Pd |
Keywords: | Perilaku; Bully; Guru; Pendidikan agama islam; Kelas VIII B MTs Negeri 3 Labuhan Batu |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 06:59 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 06:59 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12490 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |