Hasibuan, Fitriani (2025) Pengaruh pemberian reward terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 1205 di Silenjeng Kecamatan Sihapas Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2120500209..pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap minat belajar siswa, dengan latar belakang penerapan metode pembelajaran yang kurang optimal dalam meningkatkan peran aktif peserta didik selama proses belajar mengajar. Salah satu faktor penting dalam pembelajaran adalah pemberian reward, karena dapat memotivasi siswa agar lebih semangat, aktif, dan tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Reward mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, mendorong siswa untuk berprestasi, serta meningkatkan minat belajar mereka terhadap mata pelajaran tertentu, khususnya IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu dengan mengolah data berbentuk angka guna mengembangkan dan menerapkan model analisis yang sistematis. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain true experimental, yang memungkinkan adanya kontrol terhadap variabel luar yang dapat memengaruhi hasil penelitian. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN 1205 Silenjeng pada mata pelajaran IPA dengan materi perubahan wujud benda. Berdasarkan hasil analisis angket mengenai minat belajar siswa, diperoleh nilai tertinggi sebesar 40 dan nilai terendah sebesar 32. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 3,666 lebih besar dari ttabel sebesar 2,0484 pada taraf signifikansi 0,05, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian reward terhadap minat belajar siswa. Selain itu, hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa nilai R Square sebesar 0,466, yang berarti bahwa variabel pemberian reward memberikan kontribusi sebesar 46,6% terhadap peningkatan minat belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemberian reward terbukti efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Hal ini membuktikan bahwa semakin sering dilakukan pemberian reward, maka semakin tinggi pula minat belajar siswa, karena mereka merasa dihargai atas usaha dan prestasi yang telah dicapai selama proses pembelajaran berlangsung
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Prof. Dr. Drs. H. Syafnan, M. Pd. dan Asriana Harahap, M. Pd. |
Keywords: | Pemberian Reward; Minat Belajar Siswa; Mata Pelajaran IPA; kelas IV; SDN 1205; Silenjeng; Kecamatan Sihapas Barumun; Kabupaten Padang Lawas |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr. Ahmad Kamal Siregar |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 09:39 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 09:39 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12487 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |