Fauzi, Riski Rahmat (2025) Analisis perkiraan penjualan produk batik pada UD. Rumah Batik Sibuhuan menggunakan metode arima. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
1840200027.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
perkiraan penjualan sangat penting bagi suatu usaha. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh seringnya terjadi kekurangan dan kelebihan produk batik pada UD. Rumah Batik Sibuhuan yang dapat menimbulkan terjadinya masalah di UD. Rumah Batik Sibuhuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model ARIMA terbaik dan hasil perkiraan penjualan dodol salak produk batik pada UD. Rumah Batik Sibuhuan menggunakan metode ARIMA periode Januari 2023-Desember 2023. Teori-teori dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu Manajemen Persediaan, Manajemen Operasional, Manajemen Produksi, Kewirausahaan, Manajemen Strategi, Manajemen Pemasaran dan Studi Kelayakan Bisnis. Maka pendekatan yang dilakukan adalah beberapa teori yang berkaitan dengan perkiraan dan penjualan serta mengaitkannya dalam perspektif Islam, dengan menggunakan metode perkiraan yang ada. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang diukur dalam suatu skala numeric (angka). Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara, dokumentasi, dan observasi, kemudian dianalisis dengan bantuan metode yang ada. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ARIMA untuk mengetahui model ARIMA terbaik, kemudian dengan model ARIMA terbaik ini digunakan untuk menentukan hasil perkiraan penjualan produk batik pada UD. Rumah Batik Sibuhuan periode Januari 2023-Desember 2023. Sampel data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data penjualan batik pada UD. Rumah Batik Sibuhuan pada periode Januari 2020-Desember 2022 yang berjumlah 36 data. Dengan menggunakan metode ARIMA diperoleh hasil penelitian bahwa model terbaik adalah ARIMA (2,0,2) yang mana penjualan mengalami fluktuasi dan menghasilkan nilai RMSE (Root Mean Squared Error) 56.88703, nilai MAE (Mean Absolute Error) 41.19183 dan nilai MAPE (Mean Absolute Percent Error) 10.93583.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Azwar Hamid, M.A. dan H. Ali Hardana, S.Pd., M.Si |
Keywords: | Penjualan; Produk batik; UD. Rumah Batik Sibuhuan; Metode Arima |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms. Diva Rahmadani Damanik |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 09:36 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 09:36 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12482 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |