Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kesulitan belajar materi pengukuran siswa Kelas III SDN 081 Panyabungan

Sari, Pahma (2025) Analisis kesulitan belajar materi pengukuran siswa Kelas III SDN 081 Panyabungan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
Pahma Sari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan adalah suatu wadah atau ruang untuk mengasah kemampuan secara langsung dalam bidang akademik. Dalam dunia pendidikan terdapat guru dan siswa, dimana masing-masing memiliki tugas dan fungsinya tersendiri. Guru bertugas untuk memberikan ilmu ataupun hal-hal penting yang disampaikan kepada siswa. Selanjutnya siswa bertugas untuk memahami materi, mendengarkan dan menerapkan apa yang disampaikan oleh guru tersebut. Namun pada kenyataannya masih banyak terdapat kesulitan ketika proses pembelajaran berlangsung. Ada kalanya siswa merasakan kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Pada penelitian ini terdapat rumusan masalah yaitu apa kesulitan belajar materi pengukuran siswa kelas III SDN 081 Panyabungan dan apa saja faktor penyebab kesulitan belajar materi pengukuran siswa kelas III SDN 081 Panyabungan dan tujuannya untuk mengetahui kesulitan belajar materi pengukuran siswa kelas III SDN 081 Panyabungan dan faktor penyebab kesulitan belajar materi pengukuran siswa Kelas III SDN 081 Panyabungan. Selanjutnya, metode penelitian yang dipakai yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Akan menjelaskan atau menggambarkan fenomena yang terjadi. Instrumen yang dipakai adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis kesulitan belajar materi pengukuran siswa kelas III SDN 081 Panyabungan adalah belajar materi pengukuran yang dialami oleh siswa kelas III SDN 081 Panyabungan yaitu kesulitan memahami maksud soal sebanyak tujuh orang, kesulitan memahami konsep materi sebanyak tiga orang, kesulitan memahami logika cerita sebanyak dua orang, kesulitan dalam menafsirkan soal sebanyak dua orang, kesulitan memilih rumus satu orang, kesalahan berhitung dalam proses perhitungan sebanyak tiga orang, kesalahan dalam operasi hitung sebanyak empat orang dan kesalahan dalam penggunaan proses perhitungan sebanyak satu orang.. Faktor penyebab kesulitan belajar materi pengukuran siswa Kelas III SDN 081 Panyabungan ada dua yaitu faktor yaitu pertama faktor internal yang meliputi: daya ingat siswa yang rendah, minat belajar yang kurang dan rendahnya motivasi belajar. Kemudian faktor eksternal berasal dari dua faktor yaitu berasal dari guru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Mariam Nasution, M.Pd. dan Dr. Erna Ikawati, M.Pd
Keywords: Analisis kesulitan belajar; Materi pengukuran siswa; Kelas III SDN 081 Panyabungan
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs. Mutia Handayani, S.IP
Date Deposited: 06 Aug 2025 09:34
Last Modified: 06 Aug 2025 09:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12478

Actions (login required)

View Item View Item