Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Efektivitas pengelolaan home industri tahu sebagai peluang usaha di Kota Padangsidimpuan

Alfiani, Astika (2025) Efektivitas pengelolaan home industri tahu sebagai peluang usaha di Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2040200196.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Home industri tahu merupakan rumah usaha produk pangan yang dapat dilakukan dengan modal yang minim tetapi memiliki keuntungan yang lumayan besar. Masyarakat sekitar tidak dapat melihat potensi besar pada usaha home Industri tahu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Efektivitas Pengelolaan Home Industri Tahu Sebagai Peluang Usaha di Kota Padangsidimpuan. Usaha ini adalah rumah industri yang memproduksi tahu. Aktivitas usaha ini cukup sebagai peluang usaha. Penelitian ini dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui wawancara pemilki usaha untuk memastikan operasional usaha. Subjek penelitian ini adalah pemilik dengan sumber data yang di gunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan observasi, dan teknik pengolahan data yaitu menggunakan analisis matriks IFAS, matriks EFAS, IE dan matriks SWOT. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti dapat diketahui yaitu dengan total skor hasil dari matriks IFAS yaitu 3,10, sedangkan total nilai skor yang diperoleh dari matriks EFAS yaitu 2.72. Kemudian hasil dari kedua nilai total skor IFAS dan EFAS digabungkan dan diperoleh matriks IE dengan strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk. Maka posisi matriks IE pada sel IV dibagian kedua yaitu memelihara dan melestarikan. Selanjutnya setelah IFAS, EFAS dan IE, maka didapatkan matriks SWOT yaitu dengan strategi SO dengan mempertahankan kualitas produk tahu yang dihasilkan dengan mempertahankan cita rasa dan kesegaran tahu, peningkatan jumlah produksi dalam rangka menjamin kegiatan produksi dalam mempertahankan dan memperoleh mitra usaha yang didukung ketersediaan infrastruktur. Strategi WO, meningkatkan kualitas produksi tahu untuk memperoleh pasar baru diluar Kota Padangsidimpuan, dengan mencari lebih banyak mitra usaha guna meningkatkan efisiensi pemasaran, meningkatkan promosi dengan memanfaatkan media sosial. Strategi ST, melakukan evaluasi dan perbaikan kinerja pada kegiatan operasional usaha untuk meningkatkan daya saing produk tahu. Strategi WT, memberikan bahan baku yang benar-benar aman untuk dikonsumsi, mempertahankan hubungan yang baik dengan mitra usaha, pelanggan atau konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Sry Lestari, M.E.I. dan Nurhalimah, M.E
Keywords: Pengelolaan home industri tahu; Peluang usaha; Kota Padangsidimpuan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 06 Aug 2025 09:33
Last Modified: 06 Aug 2025 09:33
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12476

Actions (login required)

View Item View Item