Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model project based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas IV SDN 16 Rantau Selatan

Sari, Indah Permata (2025) Penerapan model project based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas IV SDN 16 Rantau Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
INDAH PERMATA SARI pdf - Indah permata sari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Latar be.lakang pe.ne.litian ini yaitu re.ndahnya hasil be.lajar siswa pada mata pe.lajaran Ilmu Pe.nge.tahuan Alam di ke.las IV SDN 16 Rantau Se.latan. Hal ini be.rdasarkan data hasil asse.ssme.nt formatif siswa yang be.lum me.ncapai Krite.ria Ke.te.rcapaian Tujuan Pe.mbe.lajaran (KΚΤΡ). Re.ndahnya hasil be.lajar siswa dise.babkan ole.h pe.rsiapan guru dalam me.ngajar masih kurang me.madai, pe.ne.rapan mode.l pe.mbe.lajaran ole.h guru be.lum maksimal, minat dan konse.ntrasi siswa dalam pe.mbe.lajaran Ilmu Pe.nge.tahuan Alam baik di dalam ke.las maupun di luar ke.las masih sangat re.ndah, se.hingga prose.s pe.mbe.lajaran be.lum dapat dianggap optimal, siswa kurang me.mbe.rikan pe.rhatian saat guru me.nje.laskan mate.ri, yang be.rdampak ne.gatif pada hasil be.lajar me.re.ka, yang tidak me.ncapai harapan. Tujuan dari pe.ne.litian ini adalah untuk me.nge.tahui apakah pe.ne.rapan mode.l Proje.ct Base.d Le.arning dapat me.ningkatkan hasil be.lajar siswa pada mata pe.lajaran Ilmu Pe.nge.tahuan Alam di ke.las IV SDN 16 Rantau Se.latan. Pe.ne.litian ini me.rupakan Pe.ne.litian Tindakan Ke.las (PTK) yang te.rdiri dari 4 tahapan, yaitu: pe.re.ncanaan, tindakan, pe.ngamatan dan re.fle.ksi. Pe.ne.litian ini dilaksanakan di ke.las IV SDN 16 Rantau Se.latan yang te.rdiri dari 30 siswa. Adapun instrume.n pe.ngumpulan data be.rupa le.mbar te.s dan le.mbar obse.rvasi. Pe.ne.litian ini dilakukan de.ngan II siklus dan se.tiap siklus te.rdapat dua kali pe.rte.muan. Be.rdasarkan hasil pe.ne.litian ini me.nunjukkan bahwa hasil be.lajar siswa ke.las IV SDN 16 Rantau Se.latan pada mata pe.lajaran Ilmu Pe.nge.tahuan Alam de.ngan me.ne.rapkan mode.l Proje.ct Base.d Le.arning me.ningkat mulai dari pra siklus de.ngan nilai rata-rata 37, 16 dan pe.rse.ntase. ke.tuntasan 33, 33%. Ke.mudian, pada siklus I pe.rte.muan I dipe.role.h nilai rata-rata ke.las 65, 33 de.ngan pe.rse.ntase. ke.tuntasan 56, 66 %. Pada siklus I pe.rte.muan II nilai rata-rata ke.las adalah 72 de.ngan pe.rse.ntase. ke.tuntasan 73, 33 %. Ke.mudian, pada siklus II pe.rte.muan I nilai rata-rata ke.las 78 de.ngan pe.rse.ntase. ke.tuntasan 80 %. Pada siklus II pe.rte.muan II nilai rata-rata ke.las 83 de.ngan pe.rse.ntase. ke.tuntasan 86, 66 %. Pe.ne.litian ini dihe.ntikan pada siklus II pe.rte.muan II kare.na te.lah me.ncapai indikator ke.be.rhasilan yang te.lah pe.ne.liti targe.tkan. Implikasi hasil pe.ne.litian ini yaitu mode.l Proje.ct Base.d Le.arning dapat me.ningkatkan hasil be.lajar siswa. Ke.simpulan pe.ne.litian ini adalah pe.ne.rapan mode.l Proje.ct Base.d Le.arning dapat me.ningkatkan hasil be.lajar siswa pada mata pe.lajaran Ilmu Pe.nge.tahuan Alam di Ke.las IV SDN 16 Rantau Se.latan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M. Si. dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I
Keywords: Model project based learning; Hasil belajar; Siswa; Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam; Kelas IV SDN 16 Rantau Selatan
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs. Mutia Handayani, S.IP
Date Deposited: 06 Aug 2025 09:31
Last Modified: 06 Aug 2025 09:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12472

Actions (login required)

View Item View Item