Andriani, Ridha (2025) Pengembangan modul ajar mata pelajaran Al-Quran Hadis di kelas VII MTS Raudlatul Uluum Aek Nabara Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
perbaikan SKRIPSI RIDHA ANDRIANI (revisi).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Pembelajaran yang efektif bergantung pada modul ajar inovatif yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Namun, pengembangannya masih minim, menyebabkan pembelajaran monoton. Rendahnya kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi menjadi salah satu penyebab, sehingga modul ajar kurang interaktif. Dalam pembelajaran Al-Quran dan Hadis di kelas VII MTs Raudlatul Uluum Aek Nabara, modul ajar berperan penting dalam membentuk karakter siswa, tetapi masih banyak kendala. Metode pengajaran yang kurang interaktif dan keterbatasan sumber belajar menyulitkan siswa memahami materi. Oleh karena itu, diperlukan modul ajar yang sistematis dan sesuai dengan konteks sosial budaya di Kecamatan Bilah Hulu agar pembelajaran lebih efektif dan bermakna.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul ajar berbentuk E-Book yang dapat memberikan suasana belajar yang baru bagi peserta didik sehingga proses pembelajaran tidak membosankan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D (Research and Development). Penelitian yang berupaya untuk memperbaiki Modul Ajar. Hasil penelitian yang di uji oleh validasi ahli materi yaitu 94% dengan kategori sangat valid. Kemudian hasil validasi ahli praktisi pembelajaran yaitu 94% dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas dengan melihat respon peserta didik menunjukkan hasil 94,33% dengan kategori sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa modul ajar yang dikembangkan memiliki kualitas yang baik. Modul ajar ini dapat dijadikan sebagai prangkat pembelajaran bagi guru dan siswa dalam proses pembelajaran Al-Quran Hadis di kelas VII. Adapun produk yang dihasilkan dari penelitian ini dapat diakses pada link berikut ini: https://heyzine.com/flip-book/bef5af0f52.html
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Hj. Zulhimma, S.Ag., M.Pd. dan Dr. Muhammad Roihan Daulay, M.A |
Keywords: | Modul ajar; Mata pelajaran; Al-Quran; Hadis; Kabupaten Labuhan Batu |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040302 Al-Hadits, and related science 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Mutia Handayani, S.IP |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 09:30 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 09:30 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12470 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |