Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan modul pembelajaran trigonometri berbasis pendidikan matematika realistik dengan bantuan web untuk siswa kelas X

Pasaribu, Asmaul Husna (2025) Pengembangan modul pembelajaran trigonometri berbasis pendidikan matematika realistik dengan bantuan web untuk siswa kelas X. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820200014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang digunakan oleh siswa kelas X dalam bidang matematika yang masih bertumpu pada buku paket yang disediakan oleh pihak sekolah. Setelah peneliti melakukan wawancara lapangan kepada beberapa sampel, diperoleh bahwa bahan ajar yang digunakan siswa masih sulit untuk dipahami terlihat dari penjelasan yang rumit, terdapat rumus yang sulit dipahami dan kurangnya penggunaan aplikasi materi. Dari permasalahan itu peneliti mengembangkan modul sebagai bahan ajar mandiri siswa dengan pendekatan pendekatan pendidikan matematika realistik dengan bantuan Web sebagai tambahan penjelasan untuk membantu pemahaman siswa tentang materi. Sehingga menghasilkan produk yang memiliki nilai Validitas, Praktikalitas dan Efektivitas. Pengembangan modul pembelajaran trigonometri berbasis pendidikan matematika realistik dengan bantuan web untuk siswa kelas X menggunakan metode penelitian adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini telah menghasilkan modul dengan hasil rata-rata uji validitas dari validator Ahli meteri, media dan bahasa adalah 88,5% dengan kategori “Sangat Valid”. Sedangkan hasil uji praktikalitas dari peserta didik dan guru diperoleh presentase rata-rata adalah 91,65% dengan kategori “Sangat Praktis” dan hasil Uji Efektivitas diperoleh presentase rata-rata dari uji test kepada peserta didik dengan menggunakan N-Gain Score adalah 60,54% dengan kategori “Cukup Efektif”. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran trigonometri berbasis pendidikan matematika realistik dengan bantuan web untuk siswa kelas X ini layak, praktis dan cukup efektif digunakan sebagai perangkat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Suparni, S.Si., M.Pd. dan Dr. Almira Amir, M.Si.
Keywords: Modul pembelajaran; Trigonometri; Pendidikan matematika realistik; Web untuk siswa kelas X.
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Diva Rahmadani Damanik
Date Deposited: 06 Aug 2025 09:24
Last Modified: 06 Aug 2025 09:24
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12465

Actions (login required)

View Item View Item