Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran picture and picture berbantuan media kartu kata terhadap kemampuan membaca permulaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas I Sekolah Dasar Negeri 102090 Pagaran Tonga Kabupaten Padang Lawas Utara

Nasution, Rizqi Azhari (2025) Pengaruh model pembelajaran picture and picture berbantuan media kartu kata terhadap kemampuan membaca permulaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas I Sekolah Dasar Negeri 102090 Pagaran Tonga Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500188.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I Sekolah Dasar (Negeri) 102090 Pagaran Tonga Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran picture and picture berbantuan media kartu kata terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik di Sekolah Dasar. Terdapat 10 dari 20 siswa yang belum mengenal huruf abjad, membedakan huruf vokal dan konsonan serta mengeja kata dengan baik. Pada saat membaca siswa hanya mampu menyebutkan huruf abjad pada bacaan secara berurutan dari A-Z, jika huruf diacak banyak siswa yang belum mampu mengingat bacaan huruf dengan tepat. Di samping itu, metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru di Sekolah Dasar (Negeri) 102090 Pagaran Tonga masih menerapkan metode ceramah dan bercerita. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Picture And Picture berbantuan media kartu kata terhadap kemampuan membaca permulaan mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas I Sekolah Dasar (Negeri) 102090 Pagaran Tonga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture berbantuan media kartu kata terhadap kemampuan membaca permulaan mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas I Sekolah Dasar (Negeri) 102090 Pagaran Tonga.Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dan desain penelitian quasi experimental design. Populasinya adalah siswa kelas I yang berjumlah 20 orang. Pengumpulan data berupa tes lisan pre-test dan Post-test. Penyelesaian hasil uji kemampuan membaca permulaan dilakukan dengan uji statistik dengan taraf signifikan 5% dan menggunakan rumus bahwa penggunaan picture and picture berbantuan media kartu kata memiliki pengaruh terhadap membaca permulaan siswa kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 102090 Pagaran Tonga setelah diperoleh tHitung=3,271 dan tTabel = 2,101 maka diperoleh tHitung ≥ 3,271 tTabel atau > 2,101 Maka dapat disimpulkan dari penjelasan diatas bahwa hipotesis pada penelitian ini Ho diterima. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata Pre-test 57,25 dan Post-test 79,50. Sehingga analisis data menunjukkan terdapat pengaruh dalam pengaruh model pembelajaran picture and picture berbantuan media kartu kata terhadap kemampuan membaca permulaan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas I Sekolah Dasar (Negeri) 102090 Pagaran Tonga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Prof.Dr. Hj. Asfiati , S.Ag. M.Pd. dan Nursyaidah, M.Pd.
Keywords: Model pembelajaran; Picture and picture; Media kartu kata; Kemampuan membaca permulaan; Mata pelajaran; Bahasa Indonesia; Kelas I Sekolah Dasar Negeri 102090 Pagaran Tonga; Kabupaten Padang Lawas Utara
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs. Mutia Handayani, S.IP
Date Deposited: 06 Aug 2025 09:12
Last Modified: 06 Aug 2025 09:12
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12454

Actions (login required)

View Item View Item