Siregar, Samsinar (2025) Penerapan model pembelajaran scramble untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika pada perkalian di kelas V SDN 101630 Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500177.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena kurangnya penggunaan model dan media pembelajaran sehingga mengakibatkan siswa merasa bosan saat pembelajaran berlangsung. Termasuk pada pembelajaran Matematika. Dalam proses pembelajaran yang dilakukan dengan cara belajar siswa didalam kelas pada pembelajaran matematika yang masih monoton dan masih terpokus ke pada guru. Minimnya ketertarikan siswa dalam proses pembelalajaran karena kurang bervariasi menggunakan model pembelajaran, ketika pembelajaran berlangsung sehingga membuat siswa merasa bosan, dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran masih kurang, sehingga peserta didik kurang aktif saat proses pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika di kelas V SDN 101630 Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara, melalui Penerapan model Scramble berbantu media kartu soal dan kartu jawaban pada perkalian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kaloborasi dengan guru wali kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101630 Portibi kecamatan Portibi, dengan subjek penelitian kelas V yang berjumlah 20 siswa. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Prosedur PTK dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model Scramble berbantu media kartu soal dan kartu jawabann mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar pada siklus I pertemuan I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 8 orang dengan persentase ketuntasan 40% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 12 orang dengan persentase 60%. Siklus I pertemuan II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 12 orang dengan persentase 60% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 8 orang dengan persentase 40. Pada siklus II pertemuan I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 15 orang dengan persentase 75% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 5 orang dengan persentase 25%. Sedangkan pada siklus II pertemuan II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 17 orang dengan persentase 85% dan jumlah yang tidak tuntas sebanyak 3 orang dengan persentase 15%. Dengan demikian hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan dengan menerapkan model scramble.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Ps.i, M.A dan Diyah Hoiriyah S.Pd.I. M.Pd. |
Keywords: | Model pembelajaran; scramble; Hasil belajar; Matematika; Portibi Padang Lawas Utara |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr. Rita Fitri Tinambunan |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 09:09 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 09:09 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12451 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |