Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode demonstrasi dalam materi pembelajaran fardu kifayah di kelas IX MTs Subulussalam Sayurmaincat Mandailing Natal

Nasution, Mustafa Husyen (2025) Penerapan metode demonstrasi dalam materi pembelajaran fardu kifayah di kelas IX MTs Subulussalam Sayurmaincat Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2120100239.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Metode demonstrasi merupakan suatu metode pembelajaran yang menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperhatikan tata cara melakukan sesuatu kepada siswa terkait proses, situasi, kejadian, bahkan urutan melakukan suatu kegiatan tertentu yang sedang dipelajari baik dalam bentuk yang sebenarnya maupun tiruan melalui penggunaan berbagai macam media. Metode ini sangat berguna bagi pendidik dalam proses pelaksanaan pembelajaran, karena peserta didik akan mengerti secara langsung dan memperagakannya sesuai dengan yang telah dipraktikkan oleh pendidik. Berdasarkan fenomena yang ada, guru mata pelajaran keterampilan agama khususnya materi fardu kifayah di kelas IX MTs Subulussalam Sayurmaincat Mandailing Natal sering menggunakan metode demonstrasi dalam proses pembelajaran. Sehingga siswa dapat terlibat aktif secara fisik ataupun emosional. Dalam hal ini, penggunaan metode demonstrasi diharapkan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam materi pembelajaran fardu kifayah di kelas IX MTs Subulussalam Sayurmaincat Mandailing Natal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, data penelitian diperoleh dari hasil observasi dan wawancara yang mendalam dengan menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer dari penelitian ini adalah dari guru mata pelajaran keterampilan agama dan siswa kelas IX. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, tenaga pendidik lainnya, dan dokumen atau arsip berupa catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi dalam materi pembelajaran fardu kifayah di kelas IX MTs Subulussalam Sayurmaincat Mandailing Natal menggunakan empat tahapan dalam pelaksanaannya, yauti tahap persiapan, pembukaan, pelaksanaan, dan penutup. Dalam pelaksanaannya, kegiatan proses pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi tentu memiliki kendala dan berbagai tantangan. Namun, pendidik tidak memiliki tantangan yang cukup berat, hanya saja terkendala dalam menyiapkan alat dan media bantu dalam pelaksanaannya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd. dan Ade Suhendra, M.Pd.I
Keywords: Metode demonstrasi; Fardu kifayah; Kelas IX; MTs Subulussalam; Sayurmaincat; Mandailing Natal
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Ahmad Kamal Siregar
Date Deposited: 06 Aug 2025 09:07
Last Modified: 06 Aug 2025 09:07
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12448

Actions (login required)

View Item View Item