Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan LKPD berbasis pendekatan saintifik pada materi struktur atom di Pondok Pesantren Darushoufiyah An-Nakasabandi

Harahap, Nuril Auliyah (2025) Pengembangan LKPD berbasis pendekatan saintifik pada materi struktur atom di Pondok Pesantren Darushoufiyah An-Nakasabandi. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020700003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh pendekatan saintifik pada materi struktur atom masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan kurangnya penggunaan media yang tepat dalam proses pembelajaran sehingga siswa merasa jenuh, tidak menyukai mata pelajaran kimia dan menganggap kimia adalah pelajaran yang sulit mengakibatkan rendahnya hasil belajar. Mengatasi masalah tersebut, maka dikembangkan media pembelajaran yang menarik serta dapat merangsang imajinasi siswa yaitu berupa media LKPD pokok bahasan struktur atom. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana validitas, praktikalitas, dan efektivitas media pembelajaran LKPD untuk meningkatkan hasil belajar siswa pokok bahasan struktur atom di pondok pesantren darusshoufiyah an – nakasabandi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan media pembelajaran berupa LKPD pokok bahasan struktur atom untuk meningkatkan hasil belajar siswa pokok bahasan struktur atom di pondok pesantren darusshoufiyah an – nakasabandi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE ( Analysis, Design, Develovment, Implementation, Evaluation ). Penelitian ini dilaksanakan dipondok pesantren Darusshoufiyah An – Nakasabandi dengan subjek uji coba produk dikelas X berjumlah 21 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli, wawancara, dan angket serta menggunakan teknik analisis validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sudah divalidasi oleh validator 3 ahli yaitu ahli materi sebesar 72 % ( Layak ), ahli media sebesar 80 % ( Layak ), ahli bahasa sebesar 84 % ( Sangat Layak ). Hasil persantase keseluruhan validator dari 3 ahli yaitu 78, 7 % dengan kategori layak. Kemudian hasil respon siswa terhadap media pembelajaran LKPD yang dikembangkan dinyatakan praktis melalui lembar angket respon siswa secara keseluruhan sebesar 93,09 % . Selanjutnya hasil pemberian SPSS versi 23 dengan sig ( 2 tailed ) 0, 00 < 0,05, srtinya adanya peningkatan yang signifikan antara hasil belajar sebelum menggunakan media pembelajaran LKPD dengan hasil belajar sesudah menggunakan media pembelajaran LKPD. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran LKPD yang dikembangkan adalah efektif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Dr. Mariam Nasution, M.Pd.
Keywords: LKPD; Pendekatan Saintifik; materi struktur atom; Pondok Pesantren Darushoufiyah An-Nakasabandi
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0202 Atomic, Molecular, Nuclear, Particle and Plasma Physics
03 CHEMICAL SCIENCES > 0301 Analytical Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: Mr. Ahmad Kamal Siregar
Date Deposited: 06 Aug 2025 09:00
Last Modified: 06 Aug 2025 09:00
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12443

Actions (login required)

View Item View Item