Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN No. 101502 Muaratais I

Azmi, Auliya (2025) Analisis keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN No. 101502 Muaratais I. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kepercayaan diri siswa dalam menjawab pertanyaan yang diajukan guru selama proses pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kurangnya kepercayaan diri ini diakibatkan minimnya perhatian siswa terhadap proses pembelajaran. Sehingga ketika proses belajar mengajar, guru harus mampu menarik perhatian siswa agar menunjukkan keterampilan berbicara yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN No. 101502 Muaratais I. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes lisan, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan di kelas V SDN No. 101502 Muaratais I, diperoleh bahwa: Tingkat keterampilan berbicara siswa kelas V SDN No. 101502 Muaratais I berada dalam kategori baik.Pada aspek pelafalan dari 27 siswa yang ada,seluruh siswa sudah mampu menguasai aspek pelafalan ini. Pada aspek nada dan jeda dari 27 siswa, terdapat total 26 siswa yang mampu dalam aspek ini. Pada aspek kebahasan dari 27 siswa, hanya 18 siswa yang mampu dalam aspek ini. Pada aspek isi pembicaraan dari 27 siswa, terdapat 24 siswa yang mampu dalam aspek ini. Pada aspek kelancaran dari 27 siswa, terdapat 26 siswa yang mampu menguasai aspek ini. Pada aspek bahasa tubuh dari 27 siswa yang ada, terdapat 22 siswa yang mampu menguasai aspek ini. Keterampilan berbicara siswa dipengaruhi oleh faktor kebahasaan seperti kemampuan pelafalan siswa, dan faktor non-kebahasaan seperti bahasa tubuh. Upaya yang dilakukan untuk mengasah keterampilan berbicara siswa ialah dengan membiasakan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar terutama dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nursyaidah,M.Pd dan Hj.Hamidah,M.Pd
Keywords: Keterampilan berbicara, Mata pelajaran Bahasa Indonesia Indonesia; Kelas V SDN No.101502 Muaratais I
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 06 Aug 2025 08:59
Last Modified: 06 Aug 2025 08:59
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12442

Actions (login required)

View Item View Item