Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kesulitan peserta didik dalam pemecahan masalah matematika pada materi sistem persamaan linier dua variabel di SMP Negeri 2 Batang Angkola

Harahap, Nur Zannah (2025) Analisis kesulitan peserta didik dalam pemecahan masalah matematika pada materi sistem persamaan linier dua variabel di SMP Negeri 2 Batang Angkola. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020200034.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik baik dari penguasaan konsep, penguasaan materi, penguasaan prinsip. Berdasarkan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika yaitu agar peserta didik mampu berpikir kritis berdasarkan tahapan Polya yaitu memahami masalah, perencanaan pemecahan masalah, pelaksanaan pemecahan masalah, menarik kesimpulan ataupun pembuktian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan pemecahan matematika peserta didik berdasarkan pada tahapan Polya pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Prosedur pengambilan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif berupa reduksi data , penyajian data, keabsahan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa peserta didik berkemampuan tinggi lebih cepat dalam memahami soal ketimbang dengan kemampuan sedang dan rendah, peserta didik berkemampuan tinggi mampu melakukan pemecahan masalah sesuai tahapan Polya kecuali di pembuktian terhadap hasil yang diperoleh. Sedangkan untuk peserta didik yang berkemampuan sedang mampu melakukan pemecahan masalah pada tahap Polya sampai dalam menentukan nilai x dan y atau setengah dari tahap pelaksanaan perencanaan. Kemudian untuk peserta didik yang berkemampuan rendah hanya mampu melaksanakan pemecahan masalah sampai ke tahap memahami masalah, meskipun beberapa peserta didik tidak menuliskannya namun peserta didik dapat menyebutkannya Ketika ditanya pada saat wawancara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr.Mariam Nasution,M.Pd dan Diyah Hoiriyah,S.Pd.I,M.Pd
Keywords: Analisis kesulitan; Peserta didik: Pemecahan masalah Matematika; Materi; Sistem persamaan linier dua variabel; SMP Negeri 2 Batang Angkola
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010109 Ordinary Differential Equations, Difference Equations and Dynamical Systems
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 06 Aug 2025 08:58
Last Modified: 06 Aug 2025 08:58
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12441

Actions (login required)

View Item View Item