Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kualitas pelayanan, kepercayaan dan biaya terhadap kepuasan konsumen pada kantor Pos Indonesia Kcp Pargarutan

Harahap, Syapriani (2025) Pengaruh kualitas pelayanan, kepercayaan dan biaya terhadap kepuasan konsumen pada kantor Pos Indonesia Kcp Pargarutan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
SYAPRIANI HARAHAP pdf - Syafriani Harahap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan dalam peneliitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya tingkat keluhan Konsumen Terhadap Pelayanan di Kantor Pos Indonesia KCP Pargarutan meskipun jasa pengiriman paket memiliki prospek yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Biaya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kantor Pos Indonesia KCP Pargarutan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei, melibatkan 96 responden yang merupakan pengguna jasa Kantor Pos Indonesia. Teknik analisis yang digunakan mencakup analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, sementara kepercayaan dan biaya juga berkontribusi namun dengan pengaruh yang lebih kecil. Secara simultan, ketiga variabel tersebut memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil analisis, 52% variabilitas kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan, kepercayaan, dan biaya, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T., M.M dan Sulaiman Efendi, M.E
Keywords: Kualitas pelayanan; Kepercayaan; Biaya; Kepuasan konsumen
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150306 Industrial Relations
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150313 Quality Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 06 Aug 2025 08:49
Last Modified: 06 Aug 2025 08:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12421

Actions (login required)

View Item View Item