Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi guru pendidikan agama Islam pada mata pelajaran fiqih di MAS Darurrachmad Sibolga

Pangaribuan, Rahma Waddah (2025) Strategi guru pendidikan agama Islam pada mata pelajaran fiqih di MAS Darurrachmad Sibolga. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020100098.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Strategi pembelajaran fiqih Di MAS Darurrachmad sebagian peserta didik itu masih kurang paham dan masih kurang mempraktikkan apa yang ia pelajari kedalam kehidupannya sehari – hari dan perlu sekali mendalami pendidikan agama Islam dengan melalui ajaran - ajaran Islam, yaitu berupa bimbingan dan asuhan terhadap anak didik agar nantinya setelah selesai dari pendidikan ia dapat memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran - ajaran Agama Islam yang telah diyakininya secara menyeluruh, serta menjadikan ajaran Agama Islam itu sebagai suatu pandangan hidupnya demi keselamatan dan kesejahteraan hidup di dunia maupun diakhirat Pendidikan telah menjadi tolak ukur dalam kemajuan peradaban, perkembangan yang terjadi dalam dunia pendidikan merupakan tanda peradaban saat ini. Oleh karena itu strategi Guru Pendidikan Agama Islam itu sangat diperlukan apalagi berkaitan dengan mata pelajaran fiqih, Guru merupakan ujung tombak pendidikan sebab secara langsung berupaya mempengaruhi, membina dan mengembangkan peserta didik berupaya sebagai ujung tombak, Guru dituntut untuk memiliki kemampuan dasar yang diperlukan sebagai pendidik, pembimbing dan pengajar kemudian kemampuan tersebut tercermin pada kompetensi Guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi Guru Pendidikan Agama Islam pada mata pelajaran fiqih, Di MAS Darurrachmad Sibolga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang menggambarkan dan mendeskriptifkan secara langsung strategi Guru Pendidikan Agama Islam Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MAS Darurrachmad Sibolga. Adapun tekhnik pengambilan datanya berupa, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Di MAS Darurrachmad Sibolga yang dilaksanakan diantaranya yaitu, strategi pengorganisasian pembelajaran, strategi penyampaian pembelajaran dan strategi pengelolaan pembelajaran. Rekomendasi Saya terhadap strategi Guru itu yaitu perlu sekali meningkatkan kinerja Guru dan keterampilan Guru PAI Di MAS Darurrachmad tersebut, agar tidak terlalu monoton dan lebih kreative lagi pada mata pelajaran fiqih dan siswa pun tidak merasa bosan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rayendri Fahmei Lubis, M.Ag. dan Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd.
Keywords: Guru; Pendidikan Agama Islam; Fiqih; MAS Darurrachmad; Sibolga
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Ahmad Kamal Siregar
Date Deposited: 18 Jul 2025 07:21
Last Modified: 18 Jul 2025 07:21
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12407

Actions (login required)

View Item View Item