Syafitri, Rahmi Despi (2025) Pengaruh label halal dan label BPOM terhadap keputusan pembelian produk kosmetik scarlett. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
RAHMI DESPI SYAFITRI PDF - Rahmi Despi syafitri (1).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Industri kosmetik telah mengalami pertumbuhan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Permintaan konsumen terhadap produk kosmetik semakin tinggi, namun kesadaran akan pentingnya keamanan dan kualitas produk juga semakin meningkat. Perkembangan bisnis produk kecantikan yang berkembang begitu pesat menyebabkan perubahan besar pada pasar, beragam merk produk kecantikan tersebut menyebabkan persaingan ketat dalam industri perawatan kulit. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Label Halal dan Label BPOM berpengaruh terhadap Keputusan pembelian produk Scarlett pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Syahada Padangsidimpuan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Label Halal dan Label BPOM terhadap Keputusan pembelian produk Scarlett pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Syahada Padangsidimpuan. Teori dalam penelitian ini berkaitan dengan perilaku konsumen muslim, Keputusan pembelian, Faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian adalah Budaya, Sosial, Kepribadian dan Psikologi. Produk adalah sesuatu yang ditawarkan pada pasar baik produk nyata ataupun produk tidak nyata sehingga dapat memuaskan keinginan dan kebutuhan pasar. Label halal yang tertulis dari MUI yang menyatakan kehalalan suatu produk sesuai dengan syariat islam, Label BPOM yaitu produk dari badan pengawas obat dan makanan yang memiliki wewenang penuh pada proses audit keamanan produk berdasarkan sisi pandang kesehatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 141 orang. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purpossive Sampling. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji analisis regresi berganda, uji determinasi (R2), uji t (parsial) dan uji F (simultan) dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 23. Hasil penelitian ini adalah tidak ada pengaruh terhadap Label halal terhadap keputusan pembelian produk Scarlett pada mahasiswa program studi Ekonomi Syariah angkatan 2019 UIN Syahada, ada pengaruh Label BPOM terhadap keputusan pembelian produk Scarlett pada mahasiswa, secara simultan Label Halal dan Label BPOM berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa program studi Ekonomi Syariah angkatan 2019 UIN SYAHADA Padangsidimpuan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | H. Aswadi Lubis, S.E., M.Si dan Samsuddin Muhammad, S.E., M.Si. |
Keywords: | Pengaruh label halal; Label BPOM; Pembelian produk; Kosmetik Scarlett |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 08:20 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 08:20 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12406 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |