Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penggunaan aplikasi Al-Maktabah Asy-Syamilah terhadap hasil belajar siswa Kelas XI pada pembelajaran al-qur’an hadits di Madrasah Aliyah An-Nur Padangsidimpuan

Fauziah, Nurul (2025) Pengaruh penggunaan aplikasi Al-Maktabah Asy-Syamilah terhadap hasil belajar siswa Kelas XI pada pembelajaran al-qur’an hadits di Madrasah Aliyah An-Nur Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020100188 - Copy - Nurulfauziahsr.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pesatnya kemajuan tekhnologi khususnya teknologi informasi di bidang software dan aplikasi, mempunyai implikasi positif pada seluruh aspek kehidupan, tidak terkecuali di bidang pengajaran materi agama. Di era berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, segala informasi tidak hanya terdapat dalam media cetak saja tapi juga terdapat pada media online seperti e-book, berita onlineaplikasi pendukung literasi seperti aplikasi digital library. Salah satu ciri dalam kehidupan pesantren adalah adanya budaya literasi yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan seorang santri. Salah satu platform digital library yang mungkin bisa meningkatkan kualitas literasi para santri adalah aplikasi maktabah syamilah. Maktabah syamilah merupakan program perpustakaan digital yang memuat ribuan kitab-kitab warisan Islam dari fiqh, hadits, tafsir, sastra dan lain sebagainya. Pondok Pesantren An-Nur merupakan salah satu lembaga pendidikan yang sudah menerapkan penggunaan aplikasi maktabah syamilah sebagai media pembelajaran untuk beberapa mata pelajaran di jenjang madrasah aliyah. Penggunaan aplikasi maktabah syamilah bertujuan untuk memudahkan siswa dalam memahami pelajaran serta mempermudah siswa untuk mengakses berbagai kitab-kitab Islami dari berbagai penjuru dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi maktabah syamilah terhadap hasil belajar siswa kelas XI khususnya pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di madrasah aliyah An-Nur Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kuantitatif. Penelitian yang dilakukan oleh penulis merupakan penelitian ex-pos facto yang merupakan penelitian dimana rangkaian variavel-variabel bebas telah terjadi, ketika peneliti mulai melakukan pengamatan terhadap variabel terikat.hasil penelitian ini menujukkan tidak adanya pengaruh penggunaan aplikasi maktabah syamilah terhadap hasis belajar siswa kelas XI pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits di madrasah aliyah An-Nur Padangsidimpuan dengan diperolehnya nilai chi kuadrat (rxy) lebih kecil dari pada nilai r tabel (xtabel) tersebut yakni 9,488<0,9775<13,3277

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs.H.Dame Siregar, M.A dan Dr. Hamdan Hasibuan, M.Pd
Keywords: Al-Maktabah Asy-Syamilah; Hasil belajar; Siswa; al-Qur’an; Hadits; Madrasah Aliyah An-Nur Padangsidimpuan
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040302 Al-Hadits, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 18 Jul 2025 07:17
Last Modified: 18 Jul 2025 07:17
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12403

Actions (login required)

View Item View Item