Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran thalking stick untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III Sd Negeri 004 Sihepeng Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal

Khoirunnisa, Khoirunnisa (2025) Penerapan model pembelajaran thalking stick untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III Sd Negeri 004 Sihepeng Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
Skripsi Khoirunnisa - Khoirun Nisa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bagaimana penggunaan model talking stick pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas III SD Negeri 004 Sihepeng. Keterampilan berbicara siswa kelas III di sekolah tersebut masih rendah dan penggunaan model pembelajaran yang tidak kreatif dan variatif sehingga siswa menjadi pasif dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil pengamtan awal terungkap adanya masalah yang sering muncul seperti siswa kurang aktif dalam pembelajaran bahasa Indonesia, pembelajaran masih didominasi oleh guru dan jarang menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Maka dengan penggunaan model ptalking stick ini dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa di SD 004 Sihepeng di kelas III. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model pembelajaran talking stick, yang berisi tahapan perancanaan, tahap pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 004 Sihepeng. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai hasil keterampilan berbicara siswa. Pada kondisi awal nilai rata-rata adalah 55,67 dan ketuntasan klasikal sebesar 26,67%, setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran talking stick pada siklus I nilai rata-rata peserta didik mencapai 64,73 dan ketuntasan secara klasikal 33,33%. Siklus II nilai rata-rata peserta didik mencapai 79,16 dan ketuntasan secara klasikal 86,67%. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media gambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag. M.Pd. dan Nursyaidah, M.Pd.
Keywords: Pembelajaran thalking stick; Keterampilan berbicara; Siswa; Bahasa Indonesia;Kelas III; SD Negeri 004 Sihepeng; Kecamatan Siabu; Kabupaten Mandailing Natal
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs. Mutia Handayani, S.IP
Date Deposited: 06 Aug 2025 08:47
Last Modified: 06 Aug 2025 08:47
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12402

Actions (login required)

View Item View Item