Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan (AMDK) Merek AQYLA : studi kasus Konsumen di Kecamatan Angkola Sangkunur

Ningsih, Indah Harti (2025) Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan (AMDK) Merek AQYLA : studi kasus Konsumen di Kecamatan Angkola Sangkunur. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
INDAH HARTI NINGSIH PDF - Indah harti ningsih.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Saat ini, air minum dalam kemasan (AMDK) cukup banyak diminati oleh masyarakat sebagai alternatif praktis untuk mendapatkan air bersih dengan harga yang terjangkau. Dalam persaingan bisnis AMDK yang semakin ketat, muncul nya beragam pilihan merek baru serta perkembangan merek-merek lama, dengan persaingan harga dan kualitas yang terus bersaing. Merek AQYLA pun hadir dengan menawarkan harga yang terjangkau dan kualitas produk yang baik. Namun nyatanya merek AQYLA masih belum berhasil menjadi pilihan utama bagi masyarakat untuk air minum dalam kemasan khususnya di kecamatan Angkola Sangkunur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dan sekunder. Data diperoleh melalui penyebaran angket kepada 97 responden. Uji data yang digunakan yaitu : uji vadilitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas), uji regresi linear berganda, uji hipotesis yaitu uji parsial (uji t), uji simultan (uji F) dan uji koefisien determinasi adjusted (R2). Berdasarkan hasil yang dilakukan peneliti menggunakan SPSS versi 27 menunjukkan bahwa harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan merek AQYLA. Sedangkan kualitas produk tidak terdapat pengaruh terhadap keputusan penbelian air minum dalam kemasan merek AQYLA. Harga dan kualitas produk secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan merek AQYLA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga dan kualitas produk mempengaruhi variabel keputusan pembelian air minum dalam kemasan merek AQYLA sebesar 40,6% dan sisanya sebesar 59,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T., MM. dan Idris Saleh, S. E. I., M. E.
Keywords: Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian air minum dalam Kemasan (AMDK); Merek AQYLA; Konsumen; di Kecamatan Angkola Sangkunur
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms. Diva Rahmadani Damanik
Date Deposited: 18 Jul 2025 07:07
Last Modified: 18 Jul 2025 07:07
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12389

Actions (login required)

View Item View Item