Siregar, Rosniari (2025) Implementasi program literasi minat baca materi kisah-kisah nabi bagi siswa SMP Negeri 2 Batang Angkola. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
skripsi pdf - Rosniari Siregar.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Perkembangan dalam bidang pendidikan merupakan sarana atau wadah dalam pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM). Pendidikan dapat dijadikan sebagai alat transformasi ilmu pengetahuan, budaya serta nilai-nilai yang berkembang dalam suatu generasi ke generasi berikutnya. Pendidikan tidak hanya diartikan sebagai transformasi ilmu melainkan juga termasuk dalam transformasi budaya serta nilai-nilai yang berkembang di masyarakat, agar menghasilkan peserta didik yang berkualitas dan dapat mengembangkan setiap potensi yang dimiliki oleh peserta didik yang diperoleh melalui proses belajar serta menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang dapat meningkatkan minat belajar siswa, terutama minat membaca peserta didik dalam pembelajaran literasi, dengan demikian dilakukan implementasi pembelajaran literasi dalam meningkatkan minat membaca peserta didik. Membaca merupakan salah satu kegiatan belajar yang sering dilakukan agar memperoleh pengetahuan (informasi) dari buku yang dibaca. Rumusan masalah penelitian ini yaitu adalah bagaimana implementasi program literasi dalam meningkatkan minat membaca materi kisah-kisah nabi bagi peserta didik di SMP NEGERI 2 Batang Angkola? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 38 orang yang terdiri dari 26 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Berdasarkan pengamatan peneliti tentang kondisi nyata di lapangan Minat belajar peserta didik dapat memberikan dampak positif bagi hasil belajar peserta didik dan ke tanggapan peserta didik. Kurangnya minat membaca peserta didik dalam membaca dan memahami isi dari teks bacaan peserta didik menyimpulkan paragraf menjadi masalah bagi peserta didik dalam menentukan ide pokok paragraf teks bacaan. Untuk mengatasi masalah tersebut ada beberapa upaya yang dapat dilakukan guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Adapun upaya yang dapat diberikan guru yaitu melakukan implementasi pembelajaran literasi di SMP Negeri 2 Batang Angkola, dengan adanya implementasi akan membantu peserta didik dalam meningkatkan minat belajarnya, sehingga dapat membuat peserta didik menjadi lebih semangat dalam pembelajaran, mengolah dengan batas nilai maksimal dan penyusunan rencana berdasarkan hasil diagnosis yaitu dengan cara memberikan bimbingan belajar kelompok. Selanjutnya upaya yang terakhir ialah memberikan bantuan dengan cara meminta bimbingan orang tua dalam mengawasi peserta didik saat belajar di rumah dan memberikan motivasi sehingga menumbuhkan minat peserta didik dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lazuardi, M. Ag. dan Dr. Suparni, S.Si., M. Pd. |
Keywords: | Literasi; Minat baca; Kisah nabi; SMP Negeri 2 Batang Angkola |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Rita Fitri Tinambunan |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 02:42 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 02:42 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12378 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |