Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran guru pendidikan agama Islam dalam membina kesadaran beribadah siswa di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan

Pohan, Nurul Annisa (2025) Peran guru pendidikan agama Islam dalam membina kesadaran beribadah siswa di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020100224.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangiLatar belakang masalah dalam penelitian ini adalah Peran guru pendidikan agama Islam dalam membina kesadaran beribadah siswa di SMP negeri 4 padangsidimpuan, ditandai dengan adanya keharusan bagi siswa untuk melaksanakan shalat dzuhur berjama’ah di masjid yang berada di lingkungan sekolah dan pelaksanaan shalat dhuha di lapangan sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru pendidikan agama islam dalam membina kesadaran beribadah siswa, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam membina kesadaran beribadah siswa. Tujuan peneliti ini untuk mengetahui peran guru pendidikan agama islam dalam membina kesadaran beribadah siswa dan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam kesadaran beribadah siswa. Metodologi yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis pengolahan analisis data dan teknik menjamin keabsahan data adalah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. menggunakan analisis deskriptif, adapun tahapan yang ditempuh yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, Teknik Keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kesadaran beribadah siswa sudah cukup baik dirangkai dengan adanya contohnya guru sebagai pendidik, guru sebagai pembimbing, guru sebagai motivator, guru sebagai fasilitator, guru sebagai model dan teladan. Kemudia yang menjadi faktor pendukung dalam membina kesadaran beribadah siswa yaitu sarana dan prasarana, Guru lain ikut serta dalam kesadaran beribadah siswa khususnya shalat dzuhur berjama’ah, adanya program keagamaan di sekolah. Dan faktor penghambat yaitu faktor internal dan faktor eksternal seperti lingkungan keluarga, lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Fauziah Nasution, M.Ag dan Nursri Hayati, M.A
Keywords: Peran guru; Pendidikan agama islam; Kesadaran beribadah siswa; SMP Negeri 4 Padangsidimpuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 18 Jul 2025 06:57
Last Modified: 18 Jul 2025 06:57
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12377

Actions (login required)

View Item View Item