Pasaribu, Nila Hidayani (2025) Penerapan model pembelajaran think pair share untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas III SD Al-Washliyah Barus Kabupaten Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500114.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Keterampilan berbicara siswa di sekolah dasar menjadi dasar penting untuk pengembangan kemampuan berbicara lanjutan di jenjang pendidikan lebih tinggi dan sebagai bekal berkomunikasi serta bersosialisasi di masyarakat. Namun hasil observasi awal diketahui keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia masih tergolong rendah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah dengan menerapkan model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SD Al-Washliyah Barus. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia setelah menerapkan model pembelajaran think pair share. Penelitian ini di laksanakan di SD Al-Washliyah Barus yang beralamat di Desa Kampung Solok. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang terdiri dari 12 peserta didik, yang terdiri 7 perempuan dan 5 laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi dan instrumen tes. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka dapat diambil kesimpulan yaitu berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui hasil penelitian mulai dari siklus I pertemuan ke I sampai siklus II pertemuan yang ke II dapat diketahui bahwa keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan. Dimana pada siklus I pertemuan I diperoleh nilai rata-rata tes 61.81 berada pada kategori kurang. Selanjutnya hasil siklus I Pertemuan II diperoleh nilai rata-rata tes 68.06 berada pada kategori kurang. Kemudian hasil tes keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia siklus II Pertemuan I diperoleh nilai rata-rata tes 76.39 berada pada kategori cukup. Sedagkan hasil tes keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia siklus II Pertemuan II diperoleh nilai rata-rata tes 87.50 berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi dengan menerapkan model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SD A-l-Washliyah Barus dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Anhar, M.A. dan Anita Angraini Lubis, M.Hum |
Keywords: | Keterampilan berbicara; Siswa; Think Pair Share; Model pembelajaran; Bahasa indonesia |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr. Rita Fitri Tinambunan |
Date Deposited: | 12 Jul 2025 02:36 |
Last Modified: | 12 Jul 2025 02:36 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12347 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |