Fitri, Meliana (2024) Faktor pendorong perilaku impulsive buying pada mahasiswa Fakultas Eonomi dan Bisnis Islam. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
204020003.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Impulsive Buying sering terjadi dalam konteks perilaku konsumen, di mana keputusan pembelian dilakukan secara spontan dan tanpa adanya rencana terlebih dahulu. Fenomena ini terjadi karena dipengaruhi oleh faktor lingkungan serta pemasaran. Impulsive buying sering dikaitkan dengan kepuasan konsumen jangka pendek yang dapat bertentangan dengan etika islam yang menekankan keseimbangan serta pertimbangan, Islam menganjurkan manusia menganut pola konsumsi yang moderat artinya di tengah-tengah yaitu tidak berlebihan dan tidak pula terlalu apa adanya (sangat sederhana), menurut al-Ghazali pola hidup yang sangat sederhana akan mengganggu proses ibadah sedangkan hidup yang berlebihan akan menyebabkan kemubadziran. Agama islam sangat melarang umatnya untuk bersifat mubadzir atau israf yaitu berlebih-lebihan. Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Syahada Padangsidimpuan telah mempelajari mengenai aturan/etika konsumsi dalam islam, akan tetapi masih banyak Mahasiswa yang tidak mengikuti aturan konsumsi dalam islam seperti masih suka membeli produk secara spontan tanpa memikirkan manfaat dari produk yang di beli (impulsive buying) bahkan produk yang di beli bukan berdasarkan kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh flash sale, live streaming dan gaya hidup hedonis terhadap impulsive buying Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data primer, Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket kepada 89 responden. Metode analisis data yang dilakukan menggunakan Aplikasi SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Flash Sale dan live streaming berpengaruh signifikan terhadap impulsive buying sedangkan variabel gaya hidup hedonis tidak berpengaruh signifikan terhadap impulsive buying pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Dari hasil Uji Simultan pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel flash sale, live streaming dan gaya hidup hedonis berpengaruh secara simultan terhadap impulsive buying pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Rini Hayati Lubis, M.P dan Ferri Alfadri, M.E |
Keywords: | Perilaku impulsive buying; Mahasiswa Fakultas Eonomi dan Bisnis Islam |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 12 Jul 2025 02:33 |
Last Modified: | 12 Jul 2025 02:33 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12343 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |