Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran make a match terhadap kemampuan kognitif dalam mengenal bagian-bagian tumbuhan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 101750 Ulak Tano

Hasibuan, Nur Kasuma (2024) Pengaruh model pembelajaran make a match terhadap kemampuan kognitif dalam mengenal bagian-bagian tumbuhan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 101750 Ulak Tano. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500189.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh anak kelas IV Sekolah Dasar Negeri 101750 Ulak Tano, diketahui bahwa terdapat 18 dari 25 anak belum mengenal bagian-bagian tumbuhan dengan baik. Hal itu ditandai dengan anak bisa menyebut fungsi-fungsi dari bagian-bagian tumbuhan , tetapi tidak mampu menyebutkan beberapa bagian-bagian tumbuhan dengan tepat. Dan anak juga hanya mampu menyebutkan beberapa macam-macam bagian dari tumbuhan saja, tetapi kesulitan untuk mengingat Kembali yang ditirunya. Disamping itu, metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ulak Tano masih menerapkan metode ceramah dan bercerita. Guru juga masih menggunakan metode bernyanyi pada saat pembukaan pembelajaran. Seperti menyebutkan bagian-bagian tumbuhan dengan nyanyian yang terkesan sama dengan hari berikutnya, di mana tidak ada kreasi yang dapat meningkatkan minat anak dalam mengikuti pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah berpusat terhadap pengaruh yang signifikan model pembelajaran Make a match terhadap kemampuan kognitif dalam mengenal bagian-bagian tumbuhan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 101750 Ulak Tano, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah berpusat terhadap pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Make a match di Sekolah Dasar Negeri 101750 Ulak Tano. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dan desain penelitian quasi experimental design. Populasinya adalah seluruh anak di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 101750 Ulak Tano yang terdiri dari 1 kelas jumlah siswa keseluruhan adalah 25 orang dan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang terdiri dari 25 anak. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes yang sudah divalidasi. Sampel kelas eksperimen diberi perlakuan khusus yaitu menggunakan model pembelajaran make a match. Analisis data menggunakan uji t setelah data terpenuhi berdistribusi normal dan homogen hasil penelitian tersebut. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan dengan perbedaan rata-rata pretest sebesar 79,8 dihasilkan dari pengurangan pretest (70,00) dan posttest (88,80) terdapat pengaruh yang signifikan ekperimentasi model pembelajaran make a match terhadap kemampuan kognitif dalam mengenal bagian-bagian tumbuhan kelas IV Sekolas Dasar Negeri 101750 Ulak Tano. Hasilnya diperoleh dari nilai signifikan 5% yaitu T hitung > T tabel yaitu T hitung = 24,752 >T tabel = 2,064 dengan dk = 24, maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag. dan Dr. Mariam Nasution, M.Pd
Keywords: Model pembelajaran; Make a match; Kemampuan kognitif; Bagian-bagian tumbuhan; Siswa; kelas IV Sekolah Dasar Negeri 101750; Ulak Tano
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Rita Fitri Tinambunan
Date Deposited: 07 Jul 2025 03:16
Last Modified: 07 Jul 2025 03:16
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12307

Actions (login required)

View Item View Item