Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan media pembelajaran bulletin board untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V SD Negeri 200307 Rimba Soping Padangsidimpuan

Siregar, Sri Rahayu (2024) Penggunaan media pembelajaran bulletin board untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V SD Negeri 200307 Rimba Soping Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
SRI RAHAYU SIREGAR - Sri Rahayu.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 200307 Rimba Soping Padangsidimpuan. Berdasarkan kondisi awal melalui hasil observasi hasil belajar siswa masih dibawah 75% dari nilai Kriteria Ketuntaan Minimum (KKM). Banyak siswa yang kurang memperhatikan guru dalam pembelajaran karena media yang digunakan di sekolah masih kurang bervariasi. Sehingga membuat siswa kurang aktif dalam belajar. Untuk mengatasi rendahnya nilai IPS siswa di kelas V SDN 200307 Padangsidimpuan dapat digunakan dengan menerapkan media pembelajaran Bulletin Board yang mengharuskan siswa berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan Penggunaan Media Pembelajaran Bulletin Board dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V SD Negeri 200307 Rimba Soping Padangsidimpuan. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar tes dan observasi. Digunakan untuk mengetahui data tentang proses pembelajaran siswa di dalam kelas, respon siswa, keadaan siswa, dan guru dalam kegiatan belajar mengajar. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 23 orang dan guru kelas V. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Bulletin Board dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di SDN 200307 Padangsidimpuan meningkat. Hal ini dibuktikan bahwa pada tes awal nilai rata – rata yang diperoleh oleh siswa yaitu 60,86 (35%), kemudian pada siklus I nilai rata – rata yang diperoleh dari 66,08 ( 43%) menjadi 72,39 (52%), pada siklus II nilai rata – rata yang diperoleh 78,91 (78%) menjadi 83,91 (82%). Adapun tanggapan siswa terhadap penggunaan media dalam proses pembelajaran yaitu mereka sangat suka karena dapat meningkatkan minat belajar serta menimbulkan rasa senang dan semangat siswa untuk belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS mengalami peningkatan setelah diterapkannya Penggunaan Media Pembelajaran Bulletin Board pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V SDN 200307 Rimba Soping Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A dan Rahmadani Tanjung, M.P.d
Keywords: Media pembelajaran; Bulletin board; Hasil belajar; Siswa; Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V SD Negeri 200307; Rimba Soping; Padangsidimpuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 07 Jul 2025 03:08
Last Modified: 07 Jul 2025 03:08
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12300

Actions (login required)

View Item View Item