ALWI, MHD (2024) Peningkatan kemampuan membaca al-qur’an dengan penerapan metode al-barqy di Pondok Pesantren Al-Mandily Kampung Padang Kecamatan Panyabungan Timur Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
Dokumen dari Aelwi Batubara - muhammad alwi.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca al-Qur’an santri psantren Al-mandily. Santri masih ada yang belum bisa membaca huruf hijaiyah bersambung berharakat fathah, kasroh, dhommah, tanda panjang (mad), dan hukum nun mati (ijhar) dengan benar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode Al-Barqy dalam meningkatkan hasil kemampuan membaca Al-Qur’an di kelas VII B Psantren Al-Mandily dan apakah terjadi peningkatan hasil kemampuan santri pada mata pelajaran Al-Qur’an di kelas VII B Psantren Al-Mandily dengan menerapkan metode Al-Barqy. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Al-Barqy dalam meningkatkan hasil kemampuan membaca Al-Qur’an santri pada mata pelajaran Al-Qur’an dikelas VII B Psantren Al-Mandily serta untuk meningkatkan hasil kemampuan membaca santri pada mata pelajaran al-qur’an dikelas VII B Psantren Al-Mandily dengan menerapkan metode Al-Barqy. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, setiap siklus terdapat 2 pertemuan dan dalam setiap pertemuan terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengematan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan memberikan tes lisan. Subjek penelitian ini adalah santri kelas VII B Psantren Al-Mandily kampung padang yang berjumlah 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode Al-Barqy diterapkan dengan cara santri diarahkan untuk berdiskusi dan membentuk kelompok, setiap kelompok memperhatiakn kelompok lain dalam membaca sesuai arahan guru. Dan hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pretest sebelum penerapan metode al-qur’an hanya 10,71% (3 siswa) dengan nilai rata-rata 41,07 yang memenuhi KKM. Kemudian pada siklus I persentase siswa meningkat menjadi 66,78 (10 siswa) dengan nilai rata-rata 66,78, pada siklus II persentase siswa meningkat menjadi 89,28 (25 siswa) dengan nilai rata-rata 85,71. Selisih persentase dari siklus I dengan Siklus II sebesar 78,57 (22 Siswa) dengan nilai rata-rata sebesar 44,64. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode Al-Barqy dapat meningkatkan hasil kemampuan membaca al-Qur’an santri pada mata pelajaran AL-Qur’an dikelas VII B Psantren Al-mandily
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Zulhammi, M.Ag. dan Hamidah, M.Pd. |
Keywords: | Kemampuan membaca al-qur’an; Metode al-barqy ; Pondok Pesantren Al-Mandily; Kampung Padang ;Kecamatan Panyabungan Timur; Kabupaten Mandailing Natal |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 03:03 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 03:03 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12298 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |