Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kesadaran dan minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 4 Kota Padangsidimpuan

Adrian, Rizki (2024) Analisis kesadaran dan minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 4 Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
RIZKI ADRIAN PDF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah kurangnya kesadaran dan minat dalam mempelajari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas Xl MIPA 4 SMA Negeri 4 Padang Sidimpuan yang disebabkan oleh Keasikan bermain android (android), Kurangnya perhatian orang tua terhadap anaknya dalam menuntut ilmu, Terjadinya pergaulan bebas, Masih ada siswa yang mengantuk di dalam kelas, Tidak memperhatikan guru yang sedang menerangkan, Suka terlambat dalam kelas, Kurangnya kedisipinan siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kesadaran belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Kota Padangsidimpuan dan bagaimankah minat belajar siswa kelas XI dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesadaran belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Kota Padangsidimpuan dan untuk mengetahui minat belajar siswa kelas XI dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. Metode Penelitian ini jenis penelitian kualitatif deskriftif yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan sebenarnsecara murni dan apa adanya di lapangan sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer yaitu kepala sekolah, guru pendidikan agama islam dan siswa SMA Negeri 4 Kota Padangsidimpuan. Data sekunder yaitu SMA Negeri 4 kota Padangsidimpuan. Instrumen pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik pengolahan dan analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan serta verifikasi data. Teknik penjamin kebsahan data adalah triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kesadaran dan Minat Belajar Siswa Kelas XI MIPA 4 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Kota Padangsidimpuan Kesadaran Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu: Kesadaran belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di kelas XI Mipa 4 di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan yaitu adanya hasrat dan keinginan belajar siswa, adanya dorongan dan kebutuhan belajar yang di berikan oleh guru, adanya harapan dan cita-cita siswa, memberikan penghargaan dalam belajar, lingkungan belajar yang kondusif, kurangnya perhatian sebahagian siswa terhadap pelajaran pendidikan agama islam. Minat belajar siswa kelas XI Mipa 4 dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 4 Padngsidimpuan yaitu memiliki rasa suka atau senang terhadap pendidikan agama islam. Sebagian siswa lebih menyukai mata pelajaran yang lain dari pada pendidikaan agama islam, siswa memiliki kesadaran untuk belajar pendidikan agama islam tanpa disuruh, siswa berpartisiasi dalam aktivitas belajar pendidikan agama islam dan memberikan perhatian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M. A. dan Nursyaidah, M. Pd.
Keywords: Analisis kesadaran; Minat belajar; Pendidikan agama islam;
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 01 Jul 2025 03:35
Last Modified: 01 Jul 2025 03:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12295

Actions (login required)

View Item View Item